10 Cara Berpikir Positif yang Terbukti Efektif

Hidup seperti roda berputar kadang di atas kadang di bawah, yang membedakan adalah bagaimana cara kita menyikapinya. Ada orang yang ketika diberi cobaan dia stres berat, tapi ada juga yang santai-santai saja, karena dia memiliki cara berpikir positif sehingga tak ada yang mengkhawatirkannya. Semua ditentukan oleh pola pikir kita, cara kita memandang sesuatu, bagaimana cara berpikir positif merubah kita menjadi orang yang optimis? bagaimana cara membentuk pikiran positif ini?

Mengembangkan cara berpikir positif dan sikap optimis akan berdampak baik bagi kesehatan fisik dan mental Anda. Tapi terkadang, cobaan hidup coba menjatuhkan moral Anda, membuat Anda sulit untuk memiliki pandangan positif. Tapi, itulah hidup! hidup adalah medan perjuangan. Lakukan langkah-langkah berikut ini untuk mengembangkan cara berpikir positif dan rasakan keuntungannya!

10 Cara Berpikir Positif yang Terbukti Efektif

10 Tips Agar Anda Mudah Berpikir Positif

1. Bergaul Dengan Orang Positif

Manusia sebagai makhluk sosial harus berhubungan dengan lingkungan sekitarnya, seperti teman, tetangga, rekan kerja dll. Tapi bukan berarti menerima semua orang masuk ke dalam hidup Anda, tetap harus selektif memilih teman, karena teman adalah salah satu orang yang paling banyak membawa pengaruh dalam hidup seseorang.

Artikel Terbaru Untuk Anda

Jika Anda berteman dengan orang yang suka mengeluh, kenegatifan (sifat mengeluh) mereka cenderung menular pada Anda. Bertemanlah dan luangkan waktu dengan teman dan anggota keluarga yang memiliki sifat positif maka Anda juga akan tertular sifat positif itu. Sulit menjadi negatif ketika semua orang disekitar Anda sangat positif, hukum alamnya sudah seperti itu.

2. Belajar Memikul Tanggung Jawab

Tak ada orang yang luput dari lupa dan salah, bahkan lupa adalah nama pertama kita sebagai manusia. Bila Anda memiliki masalah atau kesulitan dalam hidup, jangan bersikap seolah-olah Anda adalah korban dari hidup yang tidak adil. Akui pada diri sendiri bahwa Anda telah salah mengambil keputusan dan bertanggung jawablah atas pilihan itu.

Menerima tanggung jawab dapat membantu Anda belajar dari kesalahan dan mencegah Anda menyalahkan orang lain secara tidak adil. Sikap seperti ini akan menumbuhkan cara berpikir positif yang akan membantu Anda menjadi lebih kuat dan dewasa, serta mempersiapkan diri mengatasi masalah hidup yang datang selanjutnya.

3. Berkontribusi Pada Lingkungan

Allah SWT menciptakan manusia dengan tujuan, dan salah satu tujuan itu adalah bermanfaat bagi manusia dan lingkungan sekitarnya yaitu bumi (alam). Salah satu cara agar bermanfaat bagi lingkungan adalah dengan menjadi relawan, misalnya relawan ketika ada bencana alam, kerusakan lingkungan dll.

Sekecil apapun yang kita lakukan pasti memberikan dampak positif bagi lingkungan dan orang lain, bukan seberapa banyak yang dapat kita berikan, tapi seberapa besar pengaruh positif yang kita tularkan pada dunia.

Membantu orang lain dapat memberi Anda pandangan baru tentang dunia dan mampu menumbuhkan cara berpikir positif yang akan mengubah hidup Anda seketika. Karena ketika Anda memutuskan untuk membantu sesama sesungguhnya Anda telah membantu diri Anda sendiri.

4. Baca Buku Motivasi

Waktu terlalu berharga untuk dihabiskan bekerja sepanjang waktu, coba sejenak berhenti dari rutinitas dan carilah nilai-nilai positif yang dapat meningkatkan kualitas hidup Anda. Cara paling mudah yaitu dengan membaca, dijaman serba canggih seperti sekarang sangat mudah mencari buku yang diinginkan, semua jenis buku ada tinggal pilih yang mana.

Luangkan beberapa menit dari waktu Anda, bacalah buku yang akan menumbuhkan cara berpikir positif. Seperti buku-buku inspirasional dari biografi para tokoh pengusaha, pejabat, publik figur dan orang berpengaruh lainnya yang sepak terjang mereka telah membawa pengaruh positif bagi lingkungan sekitarnya, yang kehadiran mereka di dunia mampu menginspirasi orang untuk berbuat baik.

5. Kenali dan Ubah Pikiran Negatif Anda

Anda tidak akan sukses meningkatkan cara berpikir positif jika masih diliputi oleh pikiran negatif yang selalu menghantui Anda. Coba kenali pola pikiran negatif yang sering mendatangi Anda, biasanya pikiran yang mencakup kata-kata seperti “selalu” dan “tidak pernah” adalah tanda ada yang tidak beres dengan cara berpikir Anda.

Jika Anda selalu berpikir seperti ini, “Saya selalu mengacaukan segalanya,” cobalah ubah menjadi lebih realistis seperti, “Kadang-kadang saya membuat kesalahan tapi saya belajar dari kesalahan itu.” Tidak perlu menumbuhkan pemikiran tidak realistis yang semakin menjauhkan Anda dari pikiran positif, tapi sebaliknya, berpikirlah realistis lihat itu sebagai persoalan yang biasa dan Anda pasti bisa melaluinya.

6. Anda Harus Mempunyai Tujuan (goals)

Pepatah yang mengatakan “hiduplah seperti air yang mengalir” itu tidak selamanya benar, tergantung dari sudut pandang mana Anda memahaminya. Kalau hidup hanya ikut arus saja, tidak ada tujuan, ambisi dan cita-cita untuk apa sekolah, semua yang telah orang tua lakukan akan sia-sia. Cobalah tetapkan tujuan dalam hidup Anda, 5-10 tahun ke depan.

Akan lebih mudah menumbuhkan sikap dan pikiran positif ketika hidup Anda memiliki tujuan, karena akan ada sesuatu yang dapat dijadikan sebagai tolak ukur sudah sejauh mana Anda melangkah, hasil apa yang sudah dicapai dan masalah apa yang harus segera diselesaikan. Tujuan akan memberi Anda motivasi untuk mengatasi setiap hambatan ditengah jalan. Tanpa tujuan yang jelas, akan sulit membuat keputusan dan mengukur sejauh mana kemajuan Anda.

7. Kenali Dampak dari Pikiran Negatif Anda

Setiap perbuatan pasti ada konsekuensinya, begitu juga pikiran negatif pasti hasilnya akan negatif pula.

Luangkan waktu sejenak untuk memikirkan konsekuensi (akibat) dari pikiran negatif yang sering Anda alami. Nanti akan terlihat sebuah pola, bahwa apa yang Anda takutkan benar terjadi karena Anda terus memikirkannya seakan sebagai sebuah ramalan. Misalnya, Anda terbiasa berpikir, “saya mungkin tidak akan berhasil dalam tes kali ini,” karena pikiran semacam ini Anda akan mengurangi usaha untuk lulus dalam tes itu, Anda sudah menyerah duluan (sejak dalam pikiran), kalah oleh pikiran negatif yang tak beralasan tadi. Akibatnya ya Anda benar-benar gagal.

Buatlah daftar pikiran negatif yang sering kali memengaruhi hidup Anda, bisa dalam perilaku, hubungan dan dan perasaan Anda. Kemudian, buatlah daftar cara berpikir positif yang bisa melawan pikiran negatif itu, karena yang bisa merubah diri Anda adalah Anda sendiri bukan orang lain. Baca: Cara Menghilangkan Pikiran Negatif Terbukti Efektif

8. Beri Pujian Kepada Orang Lain

Jangan pernah gengsi dan malu untuk memuji orang yang lebih baik dari Anda. Jujurlah terhadap diri sendiri dalam memberikan pujian kepada orang lain. Ini akan membantu mempermudah Anda melihat sisi baik dalam diri seseorang sehingga membuat Anda selalu berpikir positif dan jauh dari prasangka.

9. Perbanyak Bersyukur

Allah SWT berfirman:

“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim [14]: 7).

Cara mudah menumbuhkan sifat syukur adalah dengan fokus pada hal yang kita miliki bukan sebaliknya. Dengan menyadari apa saja yang telah Allah kasih dalam kehidupan kita maka semakin banyak syukur yang kita panjatkan. Tapi sebaliknya, jika kita selalu merasa kurang, membandingkan kelebihan orang lain dengan kekurangan yang kita miliki yang ada malah sifat kufur atau tidak bersyukur.

Dengan banyak bersyukur akan semakin menumbuhkan sifat dan pikiran positif dalam diri kita dan membuat hidup menjadi lebih mudah tidak seberat seperti yang dipikirkan sebelumnya.

10. Latih Diri dengan Hal Positif

Tinggalkan pekerjaan yang tidak mendatangkan manfaat dan mulailah cara hidup sehat untuk meningkatkan kualitas dalam diri Anda. Istirahatlah yang cukup (7-8 jam sehari), dan berolahraga, akan sangat membantu dalam mengelola stres dengan baik. Menjaga kesehatan fisik dan mental akan memberi Anda lebih banyak energi untuk fokus pada pemikiran positif dan mengabaikan pikiran negatif yang tidak mendatangkan manfaat apa-apa.

Nah itulah sedikit informasi terbaru dan terlengkap seputar 10 Cara Berpikir Positif yang Terbukti Efektif yang dapat kami bagikan agar memperluas kasanah pengetahuan anda, semoga bermanfaat. Idecara.com merupakan laman yang membahas tentang ide-ide beserta cara dalam hal teknologi, fashion, kesehatan, makanan dan lain sebagainya. Silakan melihat katalog ide-ide juga cara-cara terbaru lainnya yang telah admin sediakan, atau anda dapat melihat sesuai kategori di bawah ini. Terima Kasih.

10 Cara Berpikir Positif yang Terbukti Efektif | admin | 4.5