10 Cara Menghilangkan Singkayo (Stretch Mark), 100% Alami

Stretch mark atau singkayo adalah garis yang terlihat pada permukaan kulit, biasa berwarna merah, merah muda, atau putih, tergantung pada warna kulit dimana singkayo ini muncul. Biasanya stretch mark ini terdapat di kulit sekitar area perut, paha, lengan atas, pantat dan payudara. Kondisi ini tentu saja bisa membuat para wanita tidak percaya diri sehingga berusaha menghilangkan singkayo ini secepatnya.

Kehamilan merupakan penyebab utama timbulnya singkayo ini. Disamping faktor lain seperti perubahan berat tubuh secara tiba-tiba dikarenakan sakit, faktor keturunan, bahkan juga stress. Namun untuk Anda para calon ibu, tidak perlu khawatir akan munculnya singkayo ini pada saat atau setelah kehamilan karena ini sangat alami.

Untungnya lagi, ada beberapa cara yang cukup ampuh yang dapat digunakan untuk menghilangkan singkayo bahkan anda bisa melakukannya sendiri dirumah. Anda penasaran bagaimana cara menghilangkah singkayo (Stretch mark)? temukan jawabannya di bawah ini. 

10 Cara Menghilangkan Singkayo (Stretch Mark), 100% Alami

Artikel Terbaru Untuk Anda

Singkayo pada ibu hamil

Cara Alami Menghilangkan Singkayo

( ! ) Beberapa bahan alami dan tips untuk menghilangkan singkayo di bawah ini diambil dari berbagai sumber yang menurut penulis dapat dipercaya dan beberapa sudah membuktikannya. Namun demikian, tidak ada jaminan disini. Untuk hasil maksimal hubungi dokter kecantikan Anda.

1. Castor Oil (Minyak Jarak)

Cara menghilangkan singkayo yang pertama yaitu dengan menggunakan minyak jarak. Minyak ini biasa digunakan juga dalam sejumlah perawatan masalah kulit seperti keriput, bintik-bintik penuaan, tahi lalat, bintik hitam, garis halus dan jerawat.

Cara menggunakan castor oil untuk menghilangkan stretch mark:

10 Cara Menghilangkan Singkayo (Stretch Mark), 100% Alami

  • Oleskan minyak jarak ke area stretch mark dan pijat area tersebut dengan gerakan melingkar selama 5 sampai 10 menit.
  • Bungkus area kulit yang terkena singkayo (stretch mark) yang sudah dioleskan minyak tadi dengan kain katun tipis. Kemudian usap pelan-pelan menggunakan botol yang telah diisi air panas atau bantalan pemanas selama setidaknya setengah jam.
  • Ulangi proses ini setiap hari selama minimal satu bulan untuk melihat hasil positifnya.

2. Aloe Vera

Lidah buaya telah dikenal efektif dalam perawatan banyak masalah kulit. Sifat penyembuhan dan menenangkannya dapat digunakan untuk menghilangkan stretch mark.

Ada beberapa cara menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan singkayo, diantaranya:

  • Anda bisa langsung menggosok gel lidah buaya di area kulit yang terkena, diamkan selama 15 menit lalu bilas kulit dengan air hangat.
  • Pilihan lainnya adalah dengan membuat campuran seperempat cangkir gel aloe vera, 10 kapsul minyak vitamin E dan 5 kapsul minyak vitamin A. Gosokkan campuran ini ke kulit sampai benar-benar terserap. Ulangi proses ini setiap hari.

3. Putih Telur

Bahan ini mungkin menjadi makanan favorit  banyak orang, namun ternyata kandungan protein dan asam aminonya dapat pula digunakan untuk menghilangkan singkayo. Berikut cara menghilangkan singkayo dengan putih telur:

  1. Kocok dua putih telur sampai mengental. Bersihkan area kulit yang terdapat singkayo dengan air, lalu oleskan cairan putih telur kental yang sudah dikocok tadi.
  2. Biarkan putih telur mengering sepenuhnya dan kemudian bilas dengan air dingin.
  3. Akhirnya oleskan beberapa minyak zaitun ke kulit agar tetap lembab.
  4. Ulangi proses ini setiap hari setidaknya selama dua minggu dan perhatikan hasil positif yang akan muncul.

4. Jus Lemon

Cara menghilangkan singkayo (stretch mark) yang terbilang mudah adalah dengan menggunakan jus lemon. Jus lemon secara alami bersifat asam yang membantu menyembuhkan dan mengurangi stretch mark, jerawat, dan bekas luka lainnya. Cara mengolahnya yaitu:

  • Balurkan jus lemon segar dengan lembut ke area stretch mark dengan gerakan melingkar. Biarkan jus lemon meresap ke kulit Anda setidaknya selama 10 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.
  • Pilihan lainnya adalah mencampur jus mentimun dan jus lemon dalam jumlah yang sama dan oleskan campuran itu pada stretch mark.

5. Gula

Gula putih alami adalah salah satu solusi alami terbaik untuk menghilangkan singkayo/stretch mark. Anda bisa menggunakan gula untuk mengelupaskan kulit (dengan tujuan menumbuhkan sel kulit baru).

Cara mengolahnya yaitu:

  1. Campur satu sendok makan gula pasir dengan beberapa tetes minyak almond dan beberapa tetes jus lemon. Campur dengan baik dan oleskan pada stretch mark dan area kulit lainnya.
  2. Gosok perlahan campuran itu pada kulit selama beberapa menit setiap hari sebelum mandi.
  3. Lakukan ini selama sekitar satu bulan dan perhatikan stretch mark Anda mulai memudar.

6. Kentang

Kentang ternyata mengandung vitamin dan mineral yang dapat mendorong pertumbuhan dan pemulihan sel kulit. Alasan inilah yang mebuat kentang bisa membantu menghilangkan singkayo atau stretch mark. Cara menggunakannya yaitu:

  1. Potong kentang berukuran sedang menjadi irisan tipis-tipis.
  2. Ambil salah satu potongan kentang dan gosok perlahan-lahan pada singkayo selama beberapa menit. Pastikan pati (zat inti/cairan) dari kentang menutupi daerah yang terkena.
  3. Biarkan mengering selama beberapa waktu dan kemudian bersihkan dengan air hangat.

7. Alfalfa

Tanaman herbal yang satu ini mungkin agak kurang populer di masyarakat. Namun, manfaat dari tanaman Alfalfa ini cukup banyak, mulai dari dijadikan pakan ternak untuk sapi perah atau sebagai tanaman pengganti pada perkebunan karena kemampuannya mengikat nitrogen dalam tanah.

10 Cara Menghilangkan Singkayo (Stretch Mark), 100% Alami

Namun tahukah Anda bahwa daun Alfalfa ini memiliki kandungan protein, vitamin dan mineral yang cukup tinggi, termasuk delapan asam amino esensial yang baik untuk kesehatan kulit, dan juga kaya akan vitamin E dan K, yang membantu memberi nutrisi pada kulit. Nah, karena sudah paham manfaatnya silahkan lakukan langkah-langkah berikut untuk mengolah daun alfalfa ini menjadi obat singkayo:

  1. Campur beberapa lembar daun alfalfa dengan beberapa tetes minyak chamomile sampai menjadi pasta halus.
  2. Pijat pasta ke daerah yang terdapat singkayo dua sampai tiga kali sehari.
  3. Ulangi ini setiap hari selama beberapa minggu dan Anda akan melihat perbaikan pada kulit.

8. Cocoa Butter

Mentega coklat (cocoa butter) juga sangat bermanfaat dalam mengobati stretch mark. Sebagai pelembab alami yang hebat, cocoa butter membantu memberi nutrisi pada kulit Anda dan mengurangi potensi munculnya stretch mark.

Cara mengolahnya yaitu:

  • Anda harus mengoleskan cocoa butter ke daerah yang terkena dampak setidaknya dua kali sehari selama beberapa bulan.
  • Pilihan lainnya adalah membuat campuran menggunakan setengah cangkir cocoa butter, satu sendok makan minyak biji gandum, dua sendok krim lilin lebah dan satu sendok teh masing-masing minyak biji aprikot dan minyak vitamin E. Panaskan campuran ini sampai lilin lebah meleleh. Anda dapat menyimpan campuran tersebut dalam wadah kedap udara di kulkas dan memakaikannya pada stretchmark dua sampai tiga kali sehari. Campuran ini akan membuat kulit Anda lebih terhidrasi dan halus.

9. Minyak Zaitun

Cara menghilangkan singkayo (stretch mark) selanjutnya yaitu dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun dikenal mengandung banyak nutrisi dan antioksidan yang dapat membantu memperbaiki berbagai masalah kulit termasuk stretch mark. Cara pemakaiannya cukup sederhana seperti berikut:

  1. Pijat area kulit yang terkena stretch mark menggunakan minyak zaitun. Proses ini akan memperbaiki sirkulasi darah dan mengurangi stretch mark.
  2. Biarkan selama setengah jam agar vitamin A, D dan E dalam minyak zaitun dapat diserap oleh kulit.

Anda juga bisa mencampur minyak zaitun dengan cuka dan air, lalu gunakan sebagai krim malam. Ini akan membuat kulit Anda tetap lembab dan membantu meremajakan kulit.

10. Air

Cara menghilangkan singkayo (stretch mark) yang terakhir bisa dibilang yang paling mudah, yaitu dengan minum banyak air. Tapi ingat ya, ini hanya pelengkap atau penunjang untuk terapi sebelumnya, meskipun cukup penting peranannya.

Menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi dengan baik akan membantu melindungi kulit dari berbagai jenis masalah dan juga membantu proses detoksifikasi. Kulit yang tercukupi kebutuhan air nya juga akan tetap kenyal dan elastis serta jauh dari kekeringan.

Jadi minum banyak air mutlak diperlukan, dan Anda pun mendapat bonus bisa lebih mudah dalam menghilangkan singkayo. Para ahli mengatakan minum 8 sampai 10 gelas air putih per hari adalah cara terbaik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Cara ini juga akan membuat kulit Anda lembut dan membantu mempertahankan elastisitasnya. Juga dianjurkan untuk menghindari kopi, teh atau soda.

Berbagai bahan dan cara pengobatan alami ini dapat membantu memudarkan singkayo, tapi mungkin tidak sepenuhnya menghilangkannya. Temui dokter untuk saran atau informasi lebih lanjut guna mendapatkan penanganan yang efektif.

Nah itulah sedikit informasi terbaru dan terlengkap seputar 10 Cara Menghilangkan Singkayo (Stretch Mark), 100% Alami yang dapat kami bagikan agar memperluas kasanah pengetahuan anda, semoga bermanfaat. Idecara.com merupakan laman yang membahas tentang ide-ide beserta cara dalam hal teknologi, fashion, kesehatan, makanan dan lain sebagainya. Silakan melihat katalog ide-ide juga cara-cara terbaru lainnya yang telah admin sediakan, atau anda dapat melihat sesuai kategori di bawah ini. Terima Kasih.

10 Cara Menghilangkan Singkayo (Stretch Mark), 100% Alami | admin | 4.5