1001 Manfaat & Cara Penggunaan Minyak Zaitun untuk Rambut

Sudah berabad-abad lamanya minyak zaitun dipakai untuk merawat rambut. Para ahli kecantikan dan kesehatan mengklaim kalau minyak zaitun memang mampu membuat rambut lebih berkilau, lembut, dan mudah diatur. Namun masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara penggunaan minyak zaitun untuk rambut. Untuk itu simaklah liputan berikut ini.

Minyak zaitun mengandung asam oleat, asam palmitat, dan squalene, yang kesemuanya memiliki khasiat melembutkan. Oleh sebab itu, tak heran kalau olive oil kerap dipakai sebagai salah satu bahan utama produk sampo, kondisioner, semir rambut, hingga minyak rambut/ pomade. Cara kerja minyak zaitun dalam melembutkan dan menguatkan rambut adalah dengan meresap ke dalam helaian rambut lalu mengunci kelembabannya.

1001 Manfaat & Cara Penggunaan Minyak Zaitun untuk Rambut

Baca juga:

Artikel Terbaru Untuk Anda

Berbagai Cara Penggunaan Minyak Zaitun untuk Rambut

Untungnya, Anda bisa menggunakan minyak zaitun untuk rambut dengan berbagai cara. Minyak ini bahkan dapat dikombinasikan penggunaannya dengan bahan alami lainnya.

# Sebagai kondisioner

Mulailah dengan menghangatkan minyak zaitunnya lebih dulu. Dan sebelum keramas, ada baiknya Anda merapikan rambut dengan sisir bergigi jarang. Cuci rambut dengan sampo untuk menghilangkan minyak dan kotorannya, lalu aplikasikan minyak zaitun hangat tadi sebagai kondisioner.

Pijat rambut dengan olive oil selama beberapa menit. Anda juga boleh memijatkannya di kulit kepala, apalagi kalau teksturnya cenderung kering. Setelah itu, bungkus rambut dengan shower cap dan diamkan minimal 15 menit agar minyaknya meresap.

Setelah itu, bersihkan rambut dengan sampo lagi hingga bersih. Untuk pemilik rambut kering, disarankan menerapkan cara ini setiap hari. Namun kalau rambut Anda normal, maka lakukan seminggu sekali saja. Dan karena minyak zaitun lebih bermanfaat untuk rambut kering dan tebal, maka pemilik rambut berminyak tak perlu menggunakannya.

# Untuk merawat rambut rusak

Minyak zaitun dapat membantu memperbaiki rambut yang rusak, rambut bercabang adalah salah satunya. Anda tinggal mengaplikasikan minyak di ujung-ujung rambut yang rusak. Untuk membantu minyak agar lebih cepat meresap, blow dryer rambut dengan suhu sedang selama beberapa menit. Posisikan hair dryer sekitar 20 cm dari kepala.

Anda tak perlu buru-buru membilas minyaknya dari rambut. Kalau rambut rusak karena sering diwarnai atau memakai produk berbahan kimia, diamkan hingga 2 jam atau bahkan semalaman bila perlu. Keesokan harinya, baru Anda dapat membersihkannya menggunakan sampo.

# Membantu menghilangkan kutu rambut

Minyak zaitun bisa membantu menghilangkan kutu rambut. Usai mengaplikasikannya ke setiap helaian rambut, sisir rambut dengan sisir bergigi rapat agar kutu maupun telurnya rontok.

# Obat anti-ketombe

Cara penggunaan minyak zaitun untuk rambut selanjutnya adalah sebagai obat anti-ketombe. Ada banyak penyebab mengapa sampai muncul ketombe di rambut kita, salah satunya adalah jamur.

Meski mungkin belum ada obat yang benar-benar dapat menghilangkan ketombe, namun Anda bisa menggunakan minyak zaitun untuk mengurangi serpihannya. Cukup pijatkan minyak zaitun ke kulit kepala lalu sisir agar serpihan ketombenya rontok. Biarkan minyak zaitun tetap melekat di rambut, dan tutupi dengan shower cap agar rambut semakin lembab.

Resep lain yang bisa dicoba adalah dengan menambahkan 2 sdm air perasan lemon segar ke dalam 2 sdm minyak zaitun. Setelah itu pijatkan ke kulit kepala yang sudah dibasahi sebelumnya, diamkan selama 20-30 menit. Bilas dan bersihkan rambut dengan sampo.

Gunakan perawatan ini setiap 2 minggu sekali untuk hasil optimal. Kandungan asam dari perasan lemon dapat membantu menyingkirkan serpihan ketombe.

# Obat penguat rambut

Bila Anda mendambakan rambut panjang yang kuat dan sehat berkilau, maka coba padukan penggunaan minyak zaitun dengan kuning telur. Biarkan kandungan protein, vitamin, dan asam lemak dari kuning telur menguatkan folikel serta batang rambut sehingga tak mudah patah dan bercabang.

Oleh karena treatment ini sangat efektif, maka Anda hanya perlu melakukannya seminggu sekali. Caranya, campurkan 2 butir kuning telur dengan 2 sdm minyak zaitun. Encerkan campuran tersebut dengan ½ cangkir air dingin. Jangan pernah gunakan air panas karena bisa membuat telurnya masak sehingga lengket dan menimbulkan bau tak sedap yang susah dihilangkan dari rambut.

Begitu adonan sudah tercampur rata, pijatkan perlahan ke kulit kepala, diamkan selama 20 menit. Setelah itu bilas hingga bersih. Anda tak perlu menggunakan sampo kecuali bila menginginkannya.

# Masker rambut kering yang sangat melembabkan

Kalau rambut Anda cenderung kering, kasar, mudah patah, bahkan kusam, maka gunakan resep yang mencampurkan 3 bahan super seperti alpukat, telur, dan minyak zaitun.

Alpukat memiliki kelebihan di sisi asam lemaknya yang dapat bertindak sebagai pelembab dan kondisioner alami. Selain itu, kandungan antioksidannya juga membantu merangsang pertumbuhan rambut dan mencegahnya rontok.

Untuk membuat resep ini, Anda membutuhkan ½ buah alpukat, 1 butir telur, dan 1 sdt minyak zaitun. Blender ½ buah alpukat tadi hingga tak ada lagi potongan atau gumpalan buah yang tersisa. Tambahkan telur dan minyak zaitun, blender lagi hingga tercipta adonan yang bertekstur lembut dan kental.

Tuang isinya ke dalam sebuah mangkuk bersih. Lalu pijatkan adonan ke kulit kepala yang sudah dicuci bersih. Diamkan masker di kepala minimal selama 5 menit sebelum dibilas sampai bersih dengan air dingin.

# Memberikan nutrisi pada rambut

Sama seperti kulit, rambut juga perlu diberi nutrisi. Anda mungkin membutuhkkan lebih dari ½ cangkir minyak zaitun (tergantung dari panjang dan tebalnya rambut), 5 tetes minyak esensial kemenyan, dan shower cap.

Caranya, tuang minyak zaitun dalam toples, lalu tambahkan minyak esensialnya. Tutup toplesnya lalu kocok agar kedua minyak tercampur rata, setelah itu diamkan seharian penuh (24 jam) di tempat yang sejuk dan jauh dari paparan sinar matahari. Nantinya jika Anda hendak memakai minyak ini, kocoklah terlebih dulu.

Setelah membilas rambut dengan air hangat, lalu hangatkan 1 sdm minyak dengan menggosokkannya di telapak tangan. Pijatkan ke seluruh kulit kepala menggunakan ujung jari dengan gerakan melingkar. Setelah itu, aplikasikan sisa minyaknya ke ujung rambut. Bungkus kepala dengan shower cap selama 30 menit, setelah itu cuci rambut seperti biasanya.

Demikianlah beberapa cara penggunaan minyak zaitun untuk rambut yang dapat Anda terapkan. Selamat mencoba!

 

Nah itulah sedikit informasi terbaru dan terlengkap seputar 1001 Manfaat & Cara Penggunaan Minyak Zaitun untuk Rambut yang dapat kami bagikan agar memperluas kasanah pengetahuan anda, semoga bermanfaat. Idecara.com merupakan laman yang membahas tentang ide-ide beserta cara dalam hal teknologi, fashion, kesehatan, makanan dan lain sebagainya. Silakan melihat katalog ide-ide juga cara-cara terbaru lainnya yang telah admin sediakan, atau anda dapat melihat sesuai kategori di bawah ini. Terima Kasih.

1001 Manfaat & Cara Penggunaan Minyak Zaitun untuk Rambut | admin | 4.5