13 Cara Membersihkan Karang Gigi dengan Bahan Alami

Apa itu karang gigi? Mengapa bisa terbentuk pada gigi kita? Dan bagaimana pula cara membersihkan karang gigi dengan bahan-bahan alami? Mari kita simak jawaban setiap pertanyaan di atas dalam ulasan berikut ini.

Sayangnya, sebaik apapun kita menjaga kebersihan dan merawat gigi di rumah, bakteri tetap saja bisa bersarang dalam rongga mulut. Bakteri tersebut kemudian mencampurkan protein dan sisa makanan untuk membentuk lapisan bertekstur lengket yang dinamakan plak. Plak inilah yang biasanya menutupi permukaan gigi, dan karena mengandung bakteri, maka plak juga dapat merusak email sehingga memicu timbulnya lubang.

13 Cara Membersihkan Karang Gigi dengan Bahan Alami

Namun bila Anda rutin menghapus plak, maka Anda bisa mencegah kerusakan gigi permanen dan penyakit gusi. Akan tetapi kalau plak itu tidak segera dibersihkan, maka biasanya itu akan mengeras dan membentuk karang gigi. Dan agar karang tidak sampai membuat gusi kendur dan bengkak (gusi bengkak), maka itu harus segera dibersihkan. Jangan menunda membersihkan karang gigi secara rutin agar tidak timbul gangguan gusi seperti gingivitis maupun periodontitis.

Artikel Terbaru Untuk Anda

Bagaimana cara membersihkan karang gigi secara alami?

Pencegahan mungkin sudah dilakukan dengan maksimal. Namun bila karang gigi tetap terbentuk, maka cobalah beberapa bahan alami berikut untuk menghilangkannya.

  1. Baking soda

Basahi sikat gigi, bubuhkan baking soda ke atasnya, lalu sikat gigi dengan itu. Anda juga boleh menambahkan sedikit garam agar proses membersihkan kian maksimal.

Tak hanya ampuh untuk menghilangkan karang gigi, baking soda juga bisa dipakai sebagai bahan pembuat mouthwash alami. Anda tinggal mencampurkan 1,5 cangkir baking soda dengan 1 cangkir air, 10 tetes minyak esensial lemon, 4 sdt gliserin (pilih yang 100% sayuran/ tumbuhan) , dan 1 sdt gel lidah buaya. Campur semua bahan dan simpan dalam botol, gunakan untuk berkumur 1-2 kali sehari.

Sedikit catatan penting, meski hampir semua pasta gigi menggunakan gliserin, namun banyak dokter gigi mengatakan bahwa gliserin bisa memperlemah tekstur gigi karena sifatnya yang menghambat proses remineralisasi.

  1. Strawberry dan tomat

Baik strawberry maupun tomat merupakan sumber vitamin C, yang mana antioksidan ini baik untuk kesehatan rongga mulut. Anda tinggal menggosokkan buah ini langsung ke gigi, dan diamkan selama 5 menit. Biarkan kandungan vitamin C-nya memperlunak timbunan karang gigi.

Setelah itu berkumurlah dengan air hangat yang dicampur baking soda untuk menghapus plak, sehingga gigi bisa tampil lebih putih. Kalau tak ada strawberry atau tomat, Anda juga bisa menggantinya dengan berry, paprika, lemon, pepaya, jambu biji, atau jeruk-jerukan.

Anda juga dapat menggosok-gosokkan kulit jeruk ke gigi sebelum tidur, dan tak perlu dibilas. Kulit jeruk dapat membantu melawan bakteri.

  1. Pewarna makanan

Gunakan pewarna makanan untuk mendeteksi keberadaan plak di gigi. Pertama, bubuhkan sedikit petroleum jelly ke bibir untuk mencegahnya ternoda, lalu teteskan sedikit pewarna makanan ke dalam 1 sdt air, dan kulum itu sejenak. Setelah meludahkannya, bilas dengan air bersih, dan amati area yang berwarna. Lalu fokuskan menggosok area tersebut agar lebih efektif dalam menghilangkan karang gigi.

  1. Keju

Berita gembira datang untuk Anda penggemar keju terutama jenis Swiss dan Cheddar. Mengonsumsi salah satu keju tersebut sebelum makan, ternyata bisa membantu menetralkan asam yang memicu timbulnya plak. Semakin tua usia kejunya, maka kian baik adanya.

Kalau keju terlalu mahal, maka Anda dapat mempraktikkan saran dari The Student Care Center dari Universitas Chicago. Saran dari mereka adalah konsumsilah kacang mentah untuk mendapat efek penetral asam yang sama.

  1. Snack buah

Mengunyah apple, melon, wortel, atau batang seledri 1 jam setelah makan bisa membersihkan gigi secara alami sekaligus memperkuat gusi.

  1. Kunyahlah biji wijen

Cara membersihkan karang gigi secara alami berikutnya adalah dengan mengunyah segenggam biji wijen, namun jangan menelannya. Gosok gigi dengan sikat kering saat biji wijen masih berada dalam mulut. Biarkan biji tersebut bertindak sebagai scrub alami.

  1. Makan buah ara

Mengunyah 3-4 buah ara sekali waktu dapat merangsang produksi air liur dan dengan demikian dapat membantu membersihkan gigi Anda drai plak yang membandel.

  1. Hidrogen peroksida

Campurkan 1 sdm antiseptic mouthwash dengan 3 sdm hidrogen peroksida (3%). Gunakan 10 ml dari larutan untuk berkumur selama 1 menit atau lebih. Biarkan larutan memperlunak dan menghapus karang gigi. Anda boleh berkumur dengan larutan ini setiap kali selesai makan atau paling tidak sehari sekali.

  1. Minyak kelapa

Kulum 1 sdm minyak kelapa murni selama lebih kurang 15-20 menit. Setelah meludahkannya, gosok gigi seperti biasa, ulangi setiap hari saat pagi hari sebelum Anda makan.

  1. Aloe vera

Studi tahun 2014 yang dipublikasikan Journal of Oral Health and Dental Management mendapati bahwa lidah buaya mampu memberikan efek serupa seperti yang diberikan oleh mouthwash berbahan chlorhexidine. Anda tinggal menggosokkan potongan lidah buaya ke gigi dan batas gusi, diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air dingin. Lakukan 2 kali sehari.

  1. Cengkeh

Tak hanya manjur untuk meredakan sakit gigi, cengkeh juga bisa melawan mikroba penyebab plak dan karang gigi yang bersarang di mulut. Anda tinggal mencampurkan 1 sdt bubuk cengkeh dengan sedikit minyak zaitun, lalu aplikasikan ke gigi. Diamkan beberapa menit sebelum membersihkannya dengan air hangat.

  1. Cuka putih

Cuka putih mengandung asam asetat yang dapat membantu mencegah demineralisasi email sekaligus pembentukan plak. Selain itu, cuka putih juga memuat agen antibakteri. Kombinasi dari zat-zat tersebut memudahkan kita dalam membersihkan karang gigi. Anda tinggal mencampurkan 2 sdt cuka putih dengan 1 sdt garam ke dalam ½ cangkir air hangat. Bilas mulut dengan cairan ini 1-2 kali sehari.

  1. Arang aktif

Sebelum pasta gigi diproduksi, karbon aktif kerap digunakan masyarakat kuno untuk membersihkan gigi. Anda tinggal mencampurkan 1/3 cangkir bubuk arang dengan 2/3 cangkir minyak kelapa mentah, organik, yang tidak disuling. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial peppermint, lalu campur hingga terbentuk pasta. Gunakan itu untuk menyikat gigi.

Memang tidak semua bahan dan cara mudah untuk dilakukan, dengan banyaknya pilihan seperti di atas, maka Anda bisa leluasa memilih cara membersihkan karang gigi mana yang mudah Anda terapkan.

Bila cara membersihkan karang gigi di atas tidak berhasil juga, maka tak ada salahnya untuk rutin ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Selain membersihkan plak atau karang gigi, Anda juga bisa sekalian check-up kondisi gigi kan?

 

Nah itulah sedikit informasi terbaru dan terlengkap seputar 13 Cara Membersihkan Karang Gigi dengan Bahan Alami yang dapat kami bagikan agar memperluas kasanah pengetahuan anda, semoga bermanfaat. Idecara.com merupakan laman yang membahas tentang ide-ide beserta cara dalam hal teknologi, fashion, kesehatan, makanan dan lain sebagainya. Silakan melihat katalog ide-ide juga cara-cara terbaru lainnya yang telah admin sediakan, atau anda dapat melihat sesuai kategori di bawah ini. Terima Kasih.

13 Cara Membersihkan Karang Gigi dengan Bahan Alami | admin | 4.5