15 Cara Mengecilkan Pipi Tembem Tanpa Obat-Obatan

Setelah beramai-ramai selfie, biasanya setiap orang akan sibuk mengamati hasil fotonya sendiri-sendiri. Berbagai komentarpun muncul bergantian, misalnya seperti “rambutku yang atas nggak kelihatan nih”, “kok aku yang terlihat paling gendut sih”, hingga “aduh, pipiku chubby sekali”. Karena itulah banyak orang, terutama wanita, mencari cara mengecilkan pipi tembem mereka.

Ngomong-ngomong soal chubby, apakah Anda termasuk salah seorang yang dikaruniai pipi tembem? Walau pipi tembem jarang menandakan adanya gangguan kesehatan yang serius, namun kebanyakan orang tidak menyukainya.

15 Cara Mengecilkan Pipi Tembem Tanpa Obat-Obatan

Pipi tembem mungkin lucu jika terdapat pada bayi atau anak kecil. Namun buat para remaja dan dewasa, tampilan chubby semacam ini bisa bikin minder karena tembem erat sekali kaitannya dengan kesan gemuk.

Artikel Terbaru Untuk Anda

Apa Sebenarnya Penyebab Pipi Tembem?

Sebelum sampai kepada cara mengecilkan pipi tembem, ada baiknya kita usut dulu apa penyebabnya. Mengapa pipi bisa tembem? Berikut beberapa faktor pemicunya:

  • Obesitas.
  • Pola makan yang tidak sehat.
  • Kurang tidur.
  • Stres.
  • Terlalu banyak mengonsumsi garam, gula, lemak, atau karbohidrat.
  • Dehidrasi.
  • Genetik.

Bagaimana Cara Mengecilkan Pipi Tembem?

Untungnya, apapun penyebab pipi tembem, selalu ada cara mengecilkan pipi tembem. Dan Anda tidak perlu sampai operasi lho hanya untuk memiliki pipi yang tirus. Cukup lakukan saja beberapa tips mengurangi lemak di area pipi berikut ini:

1. Hindari alkohol

Minum alkohol tak hanya bikin mabuk dan hilang akal, namun minuman ini juga bisa membuat tampilan wajah terlihat bengkak. Penyebabnya adalah karena alkohol memicu dehidrasi sehingga memaksa tubuh untuk menyimpan/ menahan air lebih banyak lagi. Akibatnya, pipi terlihat lebih bengkak dari biasanya. Jadi, kalau ingin wajah terlihat lebih tirus, hindari atau batasi konsumsi alkohol – maksimal 1 gelas saja per harinya.

2. Minum Air

Seperti penjelasan poin no.1 tadi, tubuh akan menahan air saat dehidrasi sehingga membuat tampilan wajah lebih gemuk daripada yang seharusnya. Maka dari itu, kalau tak ingin wajah tampak gemuk, minumlah air yang cukup. Jangan biarkan tubuh sampai dehidrasi.

3. Kurangi Asupan Garam

Karena garam sempat disebut sebagai salah satu tersangka penyebab pipi tembem, maka kita perlu mengurangi asupannya. Sifat garam membuat tubuh menahan air (water retention). Maka dari itu, kurangilah takarannya, atau pilihlah jenis makanan yang rendah garam (sodium). Minimalisir juga mengonsumsi produk makanan yang bercitarasa asin karena kadar sodiumnya biasanya tinggi.

4. Konsumsi Makanan Bergizi

Baik protein maupun sumber gizi lainnya dapat mengeliminasi lemak berlebih di pipi. Oleh karenanya saat makan, pilihlah menu yang sehat dan bergizi, serta hindari terlalu banyak karbohidrat (khususnya jenis sederhana) atau lemak.

5. Model Rambut juga ada Pengaruhnya

Seringkali persepsi wajah tampak lebih tirus atau sebaliknya gemuk, sangat tergantung dari tatanan rambut. Jika model rambutnya oke, maka bukan tidak mungkin kalau wajah jadi terlihat lebih slim karenanya.

6. Olahraga

Olahraga, terutama yang menuntut kekuatan dalam prakteknya, juga bisa untuk meniruskan pipi tembem. Latihan semacam ini berguna untuk melatih otot, meningkatkan metabolisme, serta membakar lemak berlebih.

Meski mungkin sulit meluangkan waktu untuk berolahraga khusus wajah saja, namun melatih tubuh secara keseluruhan bisa membantu melangsingkan area wajah juga. Berenang, lompat tali atau jogging misalnya, tak hanya membantu program penurunan berat badan, tapi juga bisa mengecilkan pipi karena terbakarnya lemak di seluruh bagian tubuh.

Nah buat Anda yang ingin mencoba olahraga wajah, maka coba praktekkan beberapa teknik berikut ini.

  • Latihan 1: Mari kita mulai dengan menggembungkan pipi lebih dulu. Sesudah itu, dorong udara dalam mulut ke pipi kanan, tahan selama 1 menit, dan pindahkan udaranya ke pipi kiri, tahan lagi selama 1 menit. Anda juga bisa mendorong udaranya ke dekat bibir atas maupun bawah. Lakukan secara rutin untuk melatih otot pipi.
  • Latihan 2: Buat ekspresi “wajah/ bibir ikan” dengan cara menyedot pipi masuk secara bergantian antara yang kanan dan kiri. Tahan masing-masing sisi pipi dalam ekspresi tersebut selama 1 menit.
  • Latihan 3: Monyongkan bibir ke depan sambil mengangkat pipi ke atas. Tahan ekspresi ini selama 1 menit supaya pipi lebih kencang.
  • Latihan 4: Mulailah latihan berikut ini dengan mulut tertutup. Perlahan pasang ekspresi senyum lebar hingga Anda merasakan tarikan di sekitar mata. Lalu perlahan buka mulut sehingga bibir membentuk huruf “O”.
  • Latihan 5: Wajah dalam posisi rileks dengan mata dan bibir terbuka, lalu julurkan lidah. Cobalah menyentuh dagu dengan lidah, tahan selama 10 detik, dan ulangi latihan ini sebanyak 5 kali. Latihan menjulurkan lidah semacam ini bisa menguatkan otot wajah, membentuk tulang pipi, mengurangi ketegangan, dan membakar lemak pipi.

Semua latihan untuk wajah tadi bisa dilakukan hingga 10 kali sepanjang hari.

7. Samarkan dengan Makeup

Namun, tak semua orang telaten melakukan olahraga wajah karena hasilnya tak bisa instan seperti yang diharapkan. Jika pipi tembem butuh ditiruskan secara kilat, maka Anda bisa menggunakan keajaiban produk makeup. Selama teknik dan paduan warna yang dipakai tepat, maka pipi bisa terlihat lebih tirus dalam hitungan menit. Tidak tahu caranya? Coba browsing saja tutorialnya agar tidak salah.

8. Mengunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet tak hanya bisa mencegah gemuk karena nafsu makan berkurang, namun aktivitas ini juga dapat menguatkan otot rahang sehingga bagian tersebut terlihat lebih slim. Untuk permen karetnya, pilih yang bebas gula, dan kunyahlah itu selama 20 menit sebanyak 2 kali sehari. Lakukan 30 menit setelah makan siang dan makan malam.

9. Meniup Balon

Sama halnya dengan mengunyah permen karet, aktivitas sederhana seperti meniup balon juga bisa melangsingkan pipi chubby. Saat meniup, rasakan otot di pipi mengembang. Kalau Anda hanya punya 1 buah balon saja di rumah, maka keluarkan anginnya begitu balonnya sudah mengembang. Tiup ulang lagi balonnya hingga 10 kali. Teknik ini benar-benar berhasil karena Anda bisa melihat hasilnya dalam waktu 5 hari saja.

10. Memutar lidah

Yang dimaksud memutar lidah di sini bukanlah bertele-tele, melainkan dalam arti sesungguhnya. Gerakan memutar lidah merupakan latihan terbaik yang harus dicoba jika ingin lemak di pipi berkurang signifikan.

Cara melakukannya, mulailah dengan mulut tertutup. Putar lidah dengan gerakan melingkar, pastikan lidah menyentuh permukaan luar gigi atas dan bawah. Lakukan sebanyak 15 kali, masing-masing searah dan juga berlawanan arah jarum jam. Cobalah sekarang kalau ingin lemak di pipi segera hilang.

11. Handuk Panas

Meski terdengar agak aneh, namun menguapi wajah bisa membantu proses pembakaran lemak karena aktivitas steaming ini membuat wajah berkeringat. Untuk melakukannya, didihkan air dan setelah itu biarkan hingga hangat.

Celup handuk bersih ke dalam air hangat, peras, dan tempelkan itu ke pipi. Ulangi proses ini sebanyak 5 kali, dan lakukan 1 jam sebelum tidur. Biarkan uap air hangat tadi membuka pori-pori dan membuat pipi jadi lebih slim.

12. Pijat Wajah

15 Cara Mengecilkan Pipi Tembem Tanpa Obat-Obatan

Memijat wajah juga bisa mengurangi lemak pipi sehingga wajah tampak lebih slim. Saat melakukannya, gunakan minyak ginseng untuk membantu merangsang sirkulasi darah, menyingkirkan timbunan limfatik, dan mengurangi retensi cairan pada tubuh.

Cara lengkapnya seperti berikut:

  • Oleskan minyak ginseng ke wajah dan leher.
  • Gunakan telapak tangan untuk memijat dengan arah gerakan ke atas. Mulailah dari dagu, lalu naik ke atas dengan gerakan melingkar. Ulangi hingga 5 kali.
  • Berikutnya, gunakan jari tangan, lalu ketuk-ketuk perlahan bagian wajah dari ujung bibir ke arah telinga sebanyak 10 kali.
  • Kemudian, pindahkan jari tangan kecuali jempol ke sepanjang rahang, lalu sentak wajah ke atas. Lakukan sebanyak 5-6 kali.

13. Berkumur

Cara mengecilkan pipi tembem yang satu ini bisa dilakukan setelah sikat gigi atau setiap kali minum. Anda tinggal memenuhi rongga mulut dengan air hangat, lalu berkumurlah. Lakukan aktivitas pembakar lemak pipi ini secara rutin sebelum tidur.

14. Hindari Tidur Siang

Beberapa orang mengalami insomnia di malam hari karena mereka tidur siang terlalu lama. Jika ini yang menjadi alasan mengapa Anda susah terlelap saat malam hari, maka jangan tidur siang. Sebab seperti disebutkan di awal tadi, kurang tidur bisa menyebabkan pipi tembem.

Baca juga: Durasi dan Waktu Tidur yang baik untuk Kesehatan

15. Jangan Langsung Tidur setelah Makan

Langsung naik ranjang setelah makan bisa merangsang penimbunan lemak di pipi. Karenanya, makanlah 2 jam sebelum tidur.

Nah itulah tadi beberapa cara mengecilkan pipi tembem secara alami yang bisa Anda coba di rumah.

Nah itulah sedikit informasi terbaru dan terlengkap seputar 15 Cara Mengecilkan Pipi Tembem Tanpa Obat-Obatan yang dapat kami bagikan agar memperluas kasanah pengetahuan anda, semoga bermanfaat. Idecara.com merupakan laman yang membahas tentang ide-ide beserta cara dalam hal teknologi, fashion, kesehatan, makanan dan lain sebagainya. Silakan melihat katalog ide-ide juga cara-cara terbaru lainnya yang telah admin sediakan, atau anda dapat melihat sesuai kategori di bawah ini. Terima Kasih.

15 Cara Mengecilkan Pipi Tembem Tanpa Obat-Obatan | admin | 4.5