4 Resep Dadar Gulung Tradisional Modern Serta Adonan Kulit Dadar Gulung

Aneka Resep Dadar Gulung Unti Kelapa, Pisang, Pisang Coklat, Polkadot, Pelangi dan Mawar Spesial Lengkap Dengan Tips Cara Membuat Kulit Dadar Gulung Agar Tidak Pecah dan Lembut. Kue dadar gulung adalah salah satu resep kue basah tradisional yang terbuat dari bahan sederhana seperti tepung terigu, parutan kelapa dan lainnya. Seperti juga onde onde ataupun kue lumpur, dadar gulung termasuk dalam salah satu jajanan pasar yang paling banyak disukai oleh semua usia. Jaman dahulu saat kita masih kecil, resep dadar gulung biasanya menggunakan pandan sebagai pewarna luarnya. Untuk itu memang umumnya resep kue dadar gulung yang dijual di pasar biasanya berwarna hijau. Tetapi saat ini banyak ditemukan kue basah ini dengan warna coklat, pelangi ataupun warna lainnya. Selain enak dan legit, cara membuat dadar gulung ini juga simpel dan tidak butuh waktu lama lho.

Seperti juga resep perkedel kentang padang yang telah kita berikan sebelumnya, cara membuat dadar gulung ini juga mudah dan cepat. Kita hanya membutuhkan dua langkah yaitu membuat kulit dadar gulung nya dan membuat isinya yang bisa disesuaikan dengan selera kita. Nah ada beberapa versi resep dadar gulung yang bisa kita buat sendiri di rumah. Masing masing versi resep kue dadar gulung itu tentu mempunyai citra rasa tersendiri yang unik dan spesial. Ada yang hanya memakai air biasa untuk campuran adonan kulit dadarnya. Ada yang memakai santan supaya lebih gurih. Bahkan ada yang memakai air susu supaya aroma dan kulitnya lebih lembut. Kalau cara membuat kulit dadar gulung ini sih sederhana. Tidak berbeda jauh dengan cara membuat kulit lumpia yang sudah pernah kita berikan di postingan lalu. Walaupun sederhana, tetapi ada beberapa tips cara membuat kulit kue dadar gulung supaya lembut dan berpori di luarnya.

Artikel Terbaru Untuk Anda

Tips Membuat Resep Dadar Guling Agar Tidak Mudah Pecah dan Berpori pori

  1. Adonan untuk membuat kulit dadar gulung nya jangan terlalu kental ya. Kalau kekentalan nanti kulit resep dadar gulung ini akan mudah sobek dan pecah. Jadi tuang adonan disesuaikan dengan besar dan lebarnya kulit yang akan kita buat nanti.
  2. Adonan dadar gulung sebaiknya disaring terlebih dahulu supaya nanti hasi jadi kulit dadarnya lembut dan tidak mudah robek.
  3. Saat menuang adonan kulit dadar, wajan yang digunakan harus benar benar sudah dalam kondisi panas. Perbedaan suhu panas pan dan adonan resep dadar gulung ini nanti akan membuat kulitnya lebih lembut dan berlubang lubang atau berpori.
  4. Setelah dituang diatas pan, api harus segera dikecilkan. Hal ini dilakukan supaya kulit nanti tidak terlalu gosong dan warnanya cantik serta menarik.
  5. Gunakan wajan atau pan teflon anti lengket dan lapisi dengan sedikit margarin.
  6. Segera isi kulit dadar gulung dengan bahan isi unti kelapa, pisang, coklat ataupun vla yang diinginkan. Dalam keadaan hangat lebih mudah dibentuk dan lebih rapi hasil akhirnya.
  7. Untuk yang akan memakai parutan kelapa, sebaiknya diparut agak memanjang ya. Jangan menggunakan kelapa untuk isi resep kue dadar gulung ini yang terlalu tua ataupun yang terlalu muda.

Selain kulit dadar gulung yang sudah dimodifikasi, bahan isi resep kue basah ini saat ini juga banyak variasinya. Jaman dahulu mungkin kita hanya menemukan resep kue dadar gulung pandan yang berwarna hijau dengan isi parutan kelapa. Biasanya parutan kelapa untuk isi ini dicampur dengan gula merah sehingga berwarna coklat atau gula putih. Campuran untuk isian resep dadar gulung ini dinamakan juga unti kelapa. Nah saat ini, bahan isian resep dadar gulung ini juga banyak mengalami perkembangan. Bisa diisi dengan unti kelapa seperti biasa atau memakai pisang kombinasi coklat, pasta coklat ataupun isi vla sesuai selera.

Tidak hanya di daerah Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Timur atapun Banten saja lho, ternyata aneka kue resep dadar gulung ini banyak disukai juga oleh keluarga di daerah lainnya. Seperti Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Selatan dan Timur pun warga masyarakatnya banyak yang menyukai legitnya resep kue dadar gulung hijau ataupun dadar gulung coklat. Baik itu berisi kelapa manis, coklat, pisang atapun isi vla.

Di daerah daerah yang disebutkan tadi memang banyak penjual kue basah tradisional ini. Tetapi kalau kita bisa membuat sendiri dadar gulung ini tentu lebih praktis dan hemat bukan. Apalagi saat ada acara khusus di rumah dan banyak membutuhkan kue basah berbentuk panjang dan lembut ini. Cara membuat dadar gulung yang legit dan enak juga tidak sesulit yang kita bayangkan kok. Dibawah kita berikan beberapa versi aneka resep kue dadar gulung spesial yang lembut dan tidak mudah pecah. Silahkan dicoba masing masing resep kue basah gulung tersebut supaya tidak bosan. Jangan lupa silahkan coba juga aneka resep kue kering modern dan tradisional.

4 Resep Dadar Gulung Tradisional Modern Serta Adonan Kulit Dadar Gulungresep dadar gulung pandan

Resep Dadar Gulung Hijau Kelapa

Bahan Isi Dadar Gulung Kelapa

  • Kelapa setengah tua ukuran sedang yang sudah diparut kurang lebih sebanyak 200 gram atau lebih sesuai selera.
  • Gula pasir kurang lebih sebanyak 100 gram. Bisa juga menggunakan gula merah 100 gram ditambah dengan gula pasir 50 gram kalau mau isi gula merah.
  • Daun pandan segar kurang lebih 1 lembar saja. Cuci bersih kemudian sobek sobek supaya aromanya keluar.
  • Air bersih secukupnya atau kurang lebih sebanyak 100 ml.
  • Garam dapur secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1/2 sendok kecil saja.
  • Vanila halus atau bubuk sedikit saja atau kurang lebih 0.25 sendok kecil saja.

Cara Membuat Isi Unti Kelapa Dadar Gulung

  1. Pertama kita buat isi dadar gulungnya.
  2. Siapkan panci bersisi air yang sudah kita siapkan kemudian masak sampai mendidih.
  3. Tuang garam dapur bersama dengan gula pasir, daun pandan, gula merah lalu aduk sampai tercampur rata semua bahan dan larut.
  4. Tuang parutan kelapanya kemudian aduk-aduk kembali sampai semua bahan rata dan airnya habis.
  5. Masukkan vanila halusnya kemudian aduk kembali sampai rata dan harum lalu sisihkan.

Bahan Kulit Dadar Gulung

  • Bahan utama adalah tepung terigu berprotein sedang yang sudah diayak halus kurang lebih sebanyak 1/4 kg.
  • Telur ayam ukuran sedang kurang lebih sebanyak 2 butir. Kocok lepas di tempat lain sebelum dicampur dengan adonan kulit dadar gulung lainnya.
  • Santan asli yang encer kurang lebih sebanyak 700 ml. Bisa dikurang atau ditambah sesuai selera saja.
  • Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera atau kurang lebih seujung atau 1/2 sendok kecil saja.
  • Pasta hijau pandan secukupnya atau kurang lebih sebanyak 1 sampai 2 sendok kecil. Bisa juga diganti dengan daun suji, tetapi santannya dikurangi ya biar tidak terlalu encer.
  • Margarin sedikit saja untuk mengolesi pan atau teflon yang nanti akan dipakai.

Cara Membuat Kulit Dadar Gulung Sederhana Anti Robek

  1. Ambil wadah dan masukkan tepung terigu yang sudah diayak bersama dengan garam lalu aduk sampai benar benar tercampur rata.
  2. Masukkan telur ayam yang sudah dikocok lepas bersama dengan santan encer sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai benar benar rata. Kalau sudah didapat keenceran yang pas, tidak perlu santan dituang semua.
  3. Setelah itu saring larutan adonan tadi supaya tidak ada gumpalan gumpalan yang terbawa.
  4. Setelah disaring masukkan pasta hijau pandan yang sudah dipersiapkan kemudian aduk kembali sampai benar benar rata.
4 Resep Dadar Gulung Tradisional Modern Serta Adonan Kulit Dadar Gulungtips cara membuat dadar gulung

Cara Membuat Resep Dadar Gulung

  1. Setelah kedua bahan tadi siap sekarang siapkan wajan teflon atau pan dan panaskan.
  2. Kalau perlu olesi dengan sedikit margarin supaya nanti tidak lengket.
  3. Setelah panas ambil adonan kulit dadar gulungnya secukupnya (kurang lebih 1 sendok sayur) kemudian tuang secara merata diatas pan.
  4. Kecilkan api sedikit saja supaya tidak gosong kemudian masak sampai matang dan keluar pori porinya.
  5. Angkat dan dinginkan sebentar sampai hangat.
  6. Ambil isi dadar gulung unti kelapa kemudian letakkan diatas selembar kulit dadar gulungnya.
  7. Lipat dengan rapi dan rekatkan ujungnya seperti membuat amplop.
  8. Ulangi sampai semua adonan habis dan resep kue dadar gulung pandan yang lembut dan legit siap disajikan.

Dadar Gulung Coklat

Resep dadar gulung coklat ini saat ini memang banyak yang suka. Legit dan manis nya coklat yang dibungkus dengan kulit dadar gulung memang pas sekali untuk cemilan jajajan sehat sehari hari. Atau bisa juga untuk isi snack kotak atau bekal sekolah anak. Kuncinya sebenarnya ada di coklat yang digunakan. Pakai coklat kualitas bagus supaya aroma dan rasa dadar gulungnya lebih mantap. Dibawah kita berikan resep yang menggunakan susu bubuk ya buat perbandingan saja. Soalnya yang diatas kan resep kue basah nya sudah menggunakan santan cair.

4 Resep Dadar Gulung Tradisional Modern Serta Adonan Kulit Dadar Gulungresep dadar gulung coklat spesial

Resep Dadar Gulung Pisang Coklat

Cara membuat dadar gulung pisang coklat ini sebenarnya tidak berbeda dengan resep kue basah diatas. Cuma perbedaannya hanya terletak pada bahan isi resep dadar gulung yang menggunakan pisang dan coklat. Untuk membuat kulit dadar gulung nya juga tidak memakai pasta pandan. Teman teman bisa menggunakan pasta coklat dan bubuk coklat. Untuk pisangnya sebaiknya menggunakan pisang raja atau kepok kuning atau jenis lainnya sesuai selera. Asal yang matang sehingga rasa resep kue dadar gulung nya nanti legit dan lezat. Baca juga cara membuat tempe mendoan khas Banyumas Purwokerto.

Resep Dadar Gulung Polkadot

4 Resep Dadar Gulung Tradisional Modern Serta Adonan Kulit Dadar Gulungdadar gulung polkadot lembut

Salah satu kunci resep kue tradisional bisa bertahan adalah innovasi. Nah untuk itu tidak ada salahnya bukan kita membuat resep dadar gulung spesial yang unik dan cantik. terdidir dari berbagai macam warna cerah dengan bentuk unik, kue dadar gulung polkadot ini pasti menarik perhatian setiap orang. Cara membuat dadar gulung polkadot ini juga praktis. Teman teman bisa membuat adonan kulit dadar biasa lalu bagi adonan menjadi beberapa adonan kecil untuk diberi warna sesuai yang diinginkan. Cara membuatnya lihat dibawah ya.

Cara Membuat Dadar Gulung Polkadot

  1. Sisihkan sedikit adonan dasar kulit dadar gulung (beberapa sendok saja) yang akan dibuat warna berbeda (bisa 2 atau 3 warna tergatung selera).
  2. Beri pasta coklat, hijau, merah, pink atau biru sesuai selera.
  3. Setelah pan panas, teteskan adonan warna warni tadi diatas teflon.
  4. Setelah itu masukkan adonan utama dan masak sampai matang kulitnya.
  5. Beri isi unti kelapa, meisis, keju atau lainnya sesuai selera kemudian lipat dengan rapi.

Resep Dadar Gulung Mawar

Selain polkadot dan dadar gulung pelangi, saat ini ada variasi resep kue basah ini yang juga cukup populer. Namanya resep dadar gulung mawar. Sesuai namanya, kue basah yang juga terbuat dari kulit dadar gulung ini tampilannya memang mirip dengan bunga mawar. Kalau resep kulit dadar gulung nya sih sebenarnya sama dengan jenis lainnya. Paling tinggal adonannya dibagi menjadi warna hijau dan merah atau disesuaikan dengan selera.

Dari beberapa resep kue dadar gulung pandan unti kelapa, dadar gulung coklat, dadar gulung mawar ataupun yang lainnya, mana yang menjadi kue basah favorit di rumah? Manapun resepnya, tetapi semua cara membuat dadar gulung tadi cukup mudah dan praktis bukan. Kuncinya memang ada di bahan isian dan cara membuat kulit dadar gulung supaya tidak pecah dan robek. Untuk ide resep kue basah sederhana lainnya, silahkan coba cara membuat cireng yang empuk dan renyah, donat jco, kue cubit atapun aneka resep salad buah yang segar dan sehat.

Nah itulah sedikit informasi terbaru dan terlengkap seputar 4 Resep Dadar Gulung Tradisional Modern Serta Adonan Kulit Dadar Gulung yang dapat kami bagikan agar memperluas kasanah pengetahuan anda, semoga bermanfaat. Idecara.com merupakan laman yang membahas tentang ide-ide beserta cara dalam hal teknologi, fashion, kesehatan, makanan dan lain sebagainya. Silakan melihat katalog ide-ide juga cara-cara terbaru lainnya yang telah admin sediakan, atau anda dapat melihat sesuai kategori di bawah ini. Terima Kasih.

4 Resep Dadar Gulung Tradisional Modern Serta Adonan Kulit Dadar Gulung | admin | 4.5