8 Tanda-Tanda Anak Kekurangan Gizi

8 Tanda-Tanda Anak Kekurangan Gizi

Tanda anak yang kekurangan gizi memang terkadang sangat sulit terlihat sehingga maka dari itu kita sebagai orang tua di tuntut untuk jeli memperhatikan tumbuh kembang si anak dan memastikan bahwa asupan gizi didalam tubuh mereka terpenuhi. Seperti yang kita ketahui bahwa setiap manusia tentunya membutuhkan asupan gizi yang cukup setiap harinya agar tubuh selalu sehat dan bugar. Nah, apabila tubuh kita kekurangan gizi, terutama pada anak-anak dan balita maka hal ini bukan saja bisa menggangu kesehatan saja tetapi juga bisa menyebabkan tumbuh kembang mereka menjadi tidak optimal dan bahkan terganggu.

Nah, bagi Anda para orang tua terutama ibu maka coba perhatikan anak Anda. Apakah tanda-tanda dibawah ini ada pada anak Anda ? jika iya maka hal tersebut bisa saja suatu pertanda bahwa anak Anda sedang kekurangan gizi.

Tanda Anak Kekurangan Gizi

1. Tampak Pucat dan Lemah

Apabila anda selalu terlihat pucat dan lemah, apalagi sering rewel dimalam hari maka hal tersebut bisa saja menjadi satu pertanda bahwa anak Anda sedang kekurangan gizi. Biasanya hal ini disebabkan karena kurangnya zat besi pada anak sehingga mereka akan selalu terlihat pucat dan lemah. Bahkan kekurangan zat besi ini tidak hanya menyebabkan anak Anda menjadi pucat dan lemah tetapi juga bisa mempengaruhi pertumbuhan dan kemampuan belajar mereka. Namun, tidak semua anak yang pucat dan lemah ini adalah tanda anak kekurangan gizi karena terkadang hal tersebut juga bisa disebabkan oleh karena sang anak sedang demam. Untuk itulah, Anda sebagai ibu di tuntut untuk jeli memperhatikan perkembangan si anak.

Artikel Terbaru Untuk Anda

2. Sering Mengantuk

Kemudian tanda kedua yang bisa menjadi pertanda bahwa anak sedang kekurangan gizi yaitu sering mengantuk dan lemas. Coba perhatikan anak Anda, apakah mereka sering sekali mengantuk padahal sudah mendapatkan tidur yang cukup dimalam hari ? jika iya maka segera perbaiki menu makanan harian anak Anda dan pastikan bahwa mereka mendapatkan asupan gizi yang seimbang.

3. Kurus

Anak yang badannya kurus dan berat badannya tidak kunjung naik maka juga bisa menjadi sinyal bagi Anda para ibu bahwa hal tersebut merupakan satu pertanda bahwa anak Anda sedang kekurangan gizi. Segera konsultasikan pada dokter dan jangan dibiarkan karena apabila Anda mengabaikan tanda ini maka bukan tidak mungkin jika nantinya tumbuh kembang anak Anda tidak optimal.

4. Luka Yang Sulit Sembuh

Anak-anak memang sangat senang sekali bermain, biasanya saat bermain terkadang ada saatnya dimana anak kita terjatuh dan kemudian tangan atau kakinya terluka. Hal ini bisa dikatakan sesuatu yang wajar karena nantinya luka tersebut akan bisa sembuh dengan sendirinya. Yang tidak wajar apabila luka si anak tersebut sangat lama sembuhnya, padahal luka tersebut hanya diakibatkan oleh sesuatu yang sepele seperti terjatuh. Nah, apabila Anda mendapati hal ini terjadi pada anak Anda maka bisa jadi itu adalah pertanda bahwa anak Anda sedang kekurangan gizi. Biasanya luka anak yang sangat sulit sembuh disebabkan karena si anak kekurangan vitamin C. Kekurangan vitamin C pada anak tidak hanya menyebabkan luka menjadi lama sembuh saja tetapi juga membuat rambut anak tampak kusut serta tidak berkilau.

5. Kulit Kering

Anak yang kekurangan gizi biasanya kulit mereka akan tampak kering ataupun keriput. Selain itu, biasanya perut mereka akan terlihat buncit. Apabila Anda sudah melihat tanda-tanda tersebut ada pada anak Anda maka secepat mungkin berkonsultasilah pada dokter.

6. Pertumbuhan Terganggu

Anak yang kurang gizi biasanya memiliki tulang yang sangat lemah dan bahkan apabila dibiarkan maka hal ini bisa menghambat pertumbuhan si anak sehingga mereka akan sulit untuk tinggi. Seperti yang kita ketahui bahwa anak-anak sangat membutuhkan vitamin D untuk pembentukan tulang, apabila anak-anak kekurangan vitamin yang satu ini maka bukan hanya menggangu pertumbuhan tulang si anak saja tetapi juga bisa menyebabkan kelainan pada anak. anak yang kekurangan vitamin D mengalami deformasi, bisa berbentuk X atau O dan betisnya tampak melengkung, atau menderita rakhitis.

7. Pasif dan Rewel

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa gizi sangat penting bagi tumbuh kembang si anak sehingga apabila anak kekurangan gizi maka biasanya mereka akan menjadi pasif atau  lambat merespon mengenai apa yang terjadi pada sekelilingnya dan biasanya mereka juga lambat merespon pertanyaan yang ditanyakan kepada mereka. Selain itu, anak yang kurang gizi cenderung rewel di malam hari dan suka menangis.

8. Mudah Sakit

Kemudian tanda anak kekurangan gizi selanjutnya adalah yaitu biasanya si anak mudah sakit atau demam. Hal ini biasanya disebabkan karena anak kekurangan asam lemak, yang mana akan menyebabkan si anak mudah mengantuk dan kemudian menjadi demam, mual, muntah, pucat dan nafsu maka menurun Apabila anak Anda sering mengalami hal ini maka bisa jadi hal tersebut adalah tanda bahwa mereka sedang kekurangan gizi.

Itulah 8 tanda anak kekurangan gizi. Anda harus jeli untuk memperhatikan tumbuh kembang si anak dan jangan hanya sibuk dengan pekerjaan saja. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita sebagai orang tua.

Nah itulah sedikit informasi terbaru dan terlengkap seputar 8 Tanda-Tanda Anak Kekurangan Gizi yang dapat kami bagikan agar memperluas kasanah pengetahuan anda, semoga bermanfaat. Idecara.com merupakan laman yang membahas tentang ide-ide beserta cara dalam hal teknologi, fashion, kesehatan, makanan dan lain sebagainya. Silakan melihat katalog ide-ide juga cara-cara terbaru lainnya yang telah admin sediakan, atau anda dapat melihat sesuai kategori di bawah ini. Terima Kasih.

8 Tanda-Tanda Anak Kekurangan Gizi | admin | 4.5