Cara Alami Memutihkan Gigi dengan Jeruk Nipis

Ingin gigi tampak lebih putih tanpa mengeluarkan biaya mahal? Tak perlu ribet, coba praktikkan cara memutihkan gigi dengan jeruk nipis yang murah meriah berikut ini.

Setiap orang pasti ingin memiliki deretan gigi yang putih bersih. Namun kebiasaan yang salah, khususnya saat makan, dapat menghancurkan impian tersebut. Ya, gigi kuning menjadi musuh yang kerap kali menjengkelkan dan membuat orang tidak percaya diri.

Cara Alami Memutihkan Gigi dengan Jeruk Nipis

Keberadaan gigi kuning memang bisa disebabkan oleh faktor bawaan atau genetik, namun di samping itu, masih banyak penyebab gigi kuning lainnya, diantaranya:

Artikel Terbaru Untuk Anda

  • Akibat merokok
  • Asupan fluoride berlebihan (bisa dari air kran)
  • Efek samping obat-obatan yang diminum
  • Bertambahnya usia
  • Minimnya perawatan gigi seperti jarang menggosok gigi, cara menyikat gigi yang salah
  • Konsumsi rutin makanan/ minuman tertentu yang dapat menodai gigi seperti teh, kopi, anggur merah, jus, cola, dan lain-lain.

Dengan demikian, masih ada ‘celah’ dimana kita bisa melakukan upaya untuk memutihkan gigi salah satunya dengan jeruk nipis.

Langkah Mudah Memutihkan Gigi dengan Jeruk Nipis

Begitu pentingnya memiliki gigi putih, tak heran bila kemudian banyak orang datang ke dokter gigi hanya untuk memutihkan gigi saja. Tapi bagaimana dengan mereka yang tidak mempunyai dana cukup untuk melakukan pemutihan gigi? Apakah itu berarti mereka harus berdiam diri dan pasrah dengan tampilan gigi yang tak terlalu putih? Tentu tidak.

Untungnya, kini Anda tak harus pergi ke dokter bila ingin memutihkan gigi. Anda dapat memanfaatkan bahan-bahan rumahan untuk tujuan tersebut, salah satunya adalah jeruk nipis.

Mengapa jeruk nipis bisa dipakai untuk memutihkan gigi? Alasan sederhananya adalah karena buah ini mengandung asam sitrat yang memiliki fungsi serupa dengan bleaching (pemutih).

Ketahui lebih mengenai Manfaat Jeruk Nipis dan Kandungannya, Terbukti Ilmiah!

Lantas bagaimana cara memutihkan gigi dengan jeruk nipis? Berikut beberapa resepnya:

# Kombinasikan dengan kunyit dan garam

Cara memutihkan gigi dengan jeruk nipis yang pertama adalah dengan mencampurkannya bersama kunyit. Walau penggunaan kunyit biasanya meninggalkan noda kuning, namun rempah-rempah ini mengandung agen antiradang yang dapat membantu mengatasi masalah gusi.

Kunyit juga bersifat antimikroba sehingga mampu membunuh berbagai kuman dan mikroorganisme penyebab gigi berlubang.

Untuk resep ini, Anda dapat membakar atau memanggang kunyitnya terlebih dahulu selama beberapa menit. Setelah itu hancurkan sehingga menjadi bubuk halus, tambahkan sedikit perasan jeruk nipis dan garam. Aduk rata sehingga terbentuk pasta bertekstur lembut.

Aplikasikan ke gigi, diamkan selama beberapa menit, setelah itu bilas dengan air sampai bersih. Lakukan cara ini dengan teratur agar hasilnya nampak.

# Campur dengan baking soda

Baking soda merupakan bahan rumahan multifingsi yang kerap dipakai untuk berbagai hal, salah satunya adalah sebagai pemutih gigi. Hal ini dikarenakan baking soda memiliki sifat abrasif alami (basa) sehingga dapat membersihkan email gigi dari noda atau plak. Dan bila dicampur dengan jeruk nipis, maka keduanya dapat memberikan hasil memutihkan yang jauh lebih maksimal.

Campurkan 1/2 sdt baking soda dengan 1/2 sdt perasan jeruk nipis, lalu pakailah adonan tersebut untuk menggosok gigi dengan bantuan sikat gigi. Diamkan selama 1 menit sebelum dibilas/ berkumur.

# Tinggal gigit atau gosokkan ke gigi

Kalau Anda cukup tahan dengan rasa asamnya, maka sesudah memeras jeruk nipisnya, Anda bisa langsung menggosokkan bagian dalam kulitnya ke gigi. Atau, Anda juga bisa langsung memotong jeruk nipis dan menggigit ujung buahnya sehingga buahnya terhisap sedikit demi sedikit.

Diamkan selama beberapa menit, setelah itu berkumurlah sampai bersih menggunakan air yang dicampur dengan baking soda. Biarkan sifat basa baking soda menetralkan asam dari jeruk nipis tadi.

# Padukan dengan garam

Selain kunyit dan baking soda, Anda juga bisa memutihkan gigi dengan memadukan jeruk nipis dan garam.

Garam memiliki berbagai kegunaan bagi mulut, di antaranya dapat menghilangkan bau tak sedap, membersihkan kotoran yang tersangkut di gigi, serta membuat gusi lebih sehat.

Cara memadukannya pun mudah, tinggal campurkan perasan 1 butir jeruk nipis bersama 1 sdm garam, aduk hingga rata lalu gosokkan itu ke gigi sebanyak 2x sehari. Niscaya, gigi jadi lebih putih karena plak kian memudar.

Terkait penggunaan jeruk nipis sebagai pemutih gigi, ada peringatan khusus yang perlu Anda waspadai. Dikarenakan sifat asam jeruk nipis yang tergolong kuat dibanding buah jeruk lainnya, maka ada kemungkinan gigi yang sensitif akan mengalami erosi atau gangguan lainnya.

Baca juga tips perawatan gigi lainnya:

Oleh sebab itu, cara memutihkan gigi dengan jeruk nipis di atas harus segera dihentikan kalau Anda mengalami perih, linu, atau ketidak-nyamanan lainnya. Jika demikian, maka langkah selanjutnya adalah berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter gigi.

 

Nah itulah sedikit informasi terbaru dan terlengkap seputar Cara Alami Memutihkan Gigi dengan Jeruk Nipis yang dapat kami bagikan agar memperluas kasanah pengetahuan anda, semoga bermanfaat. Idecara.com merupakan laman yang membahas tentang ide-ide beserta cara dalam hal teknologi, fashion, kesehatan, makanan dan lain sebagainya. Silakan melihat katalog ide-ide juga cara-cara terbaru lainnya yang telah admin sediakan, atau anda dapat melihat sesuai kategori di bawah ini. Terima Kasih.

Cara Alami Memutihkan Gigi dengan Jeruk Nipis | admin | 4.5