Cara Membuat Masker Lidah Buaya untuk Kulit Berjerawat

Jika sebelumnya Anda membaca manfaat lidah buaya untuk wajah, maka salah satu cara memanfaatkannya adalah dengan membuatnya sebagai masker. Lantas, bagaimanakah cara membuat masker lidah buaya? Simak artikel di bawah ini untuk menemukan caranya.

Anda mungkin sudah rajin membersihkan dan merawat wajah, tapi entah mengapa jerawat tetap saja muncul dan merusak penampilan. Daripada mengeluarkan banyak uang hanya untuk membeli obat jerawat bermerek, Anda dapat memanfaatkan tanaman lidah buaya yang kaya akan berbagai nutrisi. Dan dari sekian banyak keunggulan lidah buaya, salah satu yang paling ampuh untuk atasi jerawat adalah sifat antibakterinya.

Cara Membuat Masker Lidah Buaya untuk Kulit Berjerawat

Baca juga:

Artikel Terbaru Untuk Anda

Adapun cara membuat masker lidah buaya untuk wajah adalah sebagai berikut:

  1. Gel lidah buaya

Anda bisa menggunakan aloe vera saja atau mencampurkannya dengan bahan alami lainnya. Kalau hanya lidah buaya yang Anda miliki saat ini, maka gunakan panduan berikut.

Cucilah wajah terlebih dahulu dengan sabun antibakteri, setelah itu keringkan wajah. Aplikasikan gel lidah buaya sebagai masker ke area berjerawat, diamkan semalaman, lalu cuci wajah keesokan harinya. Lakukan setiap hari agar hasilnya optimal.

Anda juga bisa memblender gel aloe vera bersama dengan air. Gunakan cotton ball untuk mengaplikasikan gel ke kulit berjerawat, diamkan selama 1 jam, lalu bilas.

Alternatif lain adalah dengan menuang air mendidih di atas daun lidah buaya yang sudah dipotong. Didihkan lagi selama 15 menit, lalu matikan apinya. Tunggu hingga larutan menjadi dingin, saring, dan gunakan cairan tersebut untuk membersihkan wajah berjerawat. Ulangi proses ini sebanyak 2 kali sehari.

  1. Aloe vera dan lemon

Masker wajah ini tak hanya dapat membersihkan jerawat, namun juga mencerahkan wajah secara alami. Cara membuatnya, campurkan beberapa tetes perasan lemon segar ke dalam 1-2 sdt gel lidah buaya. Aplikaskan ke wajah, diamkan selama 10 menit atau semalaman, setelah itu baru cuci wajah menggunakan air hangat diikuti air dingin. Tepuk-tepuk wajah perlahan hingga kering, lalu aplikasikan pelembab.

Untuk pemilik kulit sensitif, memakai perasan lemon saja mungkin dirasa terlalu keras. Oleh sebab itu, Anda boleh menambahkan beberapa tetes air pada resep di atas. Dan bila agak susah mendapatkan lemon, maka Anda dapat menggantinya dengan jeruk nipis atau grapefruit yang memiliki khasiat serupa.

  1. Lidah buaya dan putih telur

Putih telur terkenal manfaatnya yang dapat mengecilkan pori-pori wajah. Kalau pori-pori mengecil, maka kulit takkan mudah dimasuki oleh kotoran yang biasanya menjadi pemicu munculnya jerawat.

Untuk membuat masker lidah buaya + telur, Anda cukup mencampurkan 1 butir putih telur yang sudah dikocok dan 1 sdt perasan lemon segar ke dalam 2 sdm cincangan daging buah aloe vera. Aplikasikan adonan tersebut sebagai masker, tunggu hingga kering sebelum dibilas.

  1. Lidah buaya dan madu

Madu mengandung agen antiradang, antiseptik, dan antibiotik. Selain itu, madu juga kaya akan beragam mineral, antioksidan, serta vitamin yang baik untuk menyehatkan kulit. Kombinasi aloe vera dan madu didapati beberapa orang jauh lebih efektif untuk melawan jerawat. Dan berikut adalah 2 cara membuat masker lidah buaya + madu yang dapat Anda pilih:

# Resep 1

  • Campurkan masing-masing 1 sdm gel aloe vera dan madu dalam wadah. Anda juga boleh menambahkan ½ sdt air mawar atau sedikit bubuk kunyit ke dalamnya.
  • Aplikasikan ke wajah berjerawat, diamkan selama 20 menit.
  • Bilas dengan air lalu tepuk-tepuk wajah hingga kering.
  • Setelah selesai, oleskan pelembab (pilih yang bebas minyak).

# Resep 2

  • Didihkan daun aloe vera segar dalam air selama 5-7 menit.
  • Setelah itu, hancurkan daunnya, lalu tambahkan 1 sdm madu.
  • Aduk rata, lalu pijat wajah dengannya selama 3-5 menit.
  • Diamkan selama 20-30 menit sebelum dibilas menggunakan air dingin.
  1. Aloe vera, susu, dan gula

Jika gula mengandung asam glikolat yang dapat merangsang regenerasi sel sekaligus mengunci kelembaban kulit, maka susu memiliki efek mencerahkan dan menenangkan kulit iritasi. Maka dari itu, kombinasi keduanya dengan lidah buaya dapat mengatasi jerawat sekaligus melembabkan, mencerahkan, dan meredakan iritasi.

Campurkan 1 sdm gula ke dalam ½ sdm susu hingga gulanya larut. Setelah itu, tambahkan 2 sdm gel aloe vera, aduk hingga rata. Aplikasikan ke wajah, diamkan selama 20-30 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

  1. Lidah buaya dan minyak tea tree

Sudah bukan rahasia lagi kalau tea tree oil mengandung agen antibakteri dan antijamur yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.

Anda cukup menambahkan beberapa tetes tea tree oil ke dalam 1 sdm gel aloe vera, aplikasikan ke wajah, diamkan selama 20-30 menit sebelum dibilas.

  1. Lidah buaya dan cuka apel

Cuka apel memang kaya manfaat, salah satunya adalah dapat membuat kulit terlihat muda kembali sekaligus merawat jerawat. Hal ini dikarenakan cuka apel mengandung AHA (alpha-hidroxy acid) yang juga bisa mencerahkan dan menyehatkan wajah.

Untuk membuat masker lidah buaya + cuka apel, Cukup campurkan 1 sdm gel lidah buaya dengan sedikit cuka apel ke dalam sedikit air. Aplikasikan ke wajah dengan menggunakan cotton ball, setelah itu pijat wajah perlahan. Diamkan masker selama 15-20 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.

Baca juga: Manfaat Cuka Apel dan Cara Menggunakannya

  1. Aloe vera dan kayu manis

Selain bersifat antibakteri, kayu manis juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen ke kulit. Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan masing-masing 1 sdt gel lidah buaya dan madu, lalu tambahkan sedikit bubuk kayu manis ke dalamnya. Aduk rata lalu aplikasikan masker wajah ini, dan diamkan semalam-malaman. Bilas masker keesokan harinya.

  1. Lidah buaya dan kunyit

Kunyit tak cuma mengandung agen antiradang, namun juga antibakteri dan antioksidan. Oleh karenanya, bumbu masak satu ini efektif untuk menghapus sekaligus mencegah timbunan minyak di kulit.

Untuk membuat masker lidah buaya + kunyit, Anda cukup mencampurkan 1-2 sdt gel lidah buaya, ½ sdt bubuk kunyit, dan 1 sdt tepung gram. Aduk rata dan aplikasikan adonan ke wajah, diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air dingin. Gunakan masker ini sebanyak 2-3 kali seminggu.

  1. Lidah buaya dan kubis

Kandungan sulfur dan vitamin C dalam kubis bisa mengurangi minyak berlebih di wajah sekaligus menangkal bakteri di wajah. Cara membuatnya, blender kubis bersama beberapa tetes air sehingga terbentuk adonan pasta. Campurkan 2 sdm pasta kubis dengan 1 sdm gel aloe vera. Aplikasikan ke wajah lalu diamkan 15-20 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin dan ulangi perawatan ini sebanyak 2-3 kali seminggu.

  1. Aloe vera dan walnut

Walnut kaya akan asam omega-3 sehingga dapat mengurangi radang dan mengontrol jerawat di wajah. Blender 4-5 butir kacang walnut sehingga menjadi bubuk halus. Tambahkan 2 sdm gel aloe vera ke dalamnya, lalu blender lagi. Tuang adonan ke wadah, lalu tambahkan ½ sdt madu. Aduk rata dan aplikasikan ke wajah. Diamkan selama 15-20 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.

  1. Aloe vera dan bawang putih

Oke, resep ini mungkin terdengar terlalu ekstrim bagi beberapa orang mengingat aroma bawang putih yang cukup ekstrim. Namun kalau deretan resep di atas tidak berhasil, maka tak ada salahnya mencoba yang satu ini bukan?

Sama seperti lidah buaya, bawang putih juga mengandung agen antibakteri yang dapat melawan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, bawang putih juga berkhasiat untuk mengurangi radang, menyerap minyak berlebih, serta menangkal radikal bebas.

Anda tinggal melumat 3 siung bawang putih sampai hancur hingga teksturnya berubah menjadi pasta lembut. Setelah itu, masukkan pasta bawang putih dalam ½ cangkir air. Kombinasikan 2 sdm jus bawang putih dengan gel lidah buaya. Gunakan cotton ball untuk mengaplikasikannya ke wajah. Setelah itu, pijat wajah dan biarkan masker kering sebelum dibilas.

Demikianlah beberapa cara membuat masker lidah buaya yang bisa Anda coba untuk mengatasi jerawat. Anda tinggal memilih bahan tambahan mana yang paling mudah ditemukan dan cocok untuk kulit Anda. Selamat mencoba!

Nah itulah sedikit informasi terbaru dan terlengkap seputar Cara Membuat Masker Lidah Buaya untuk Kulit Berjerawat yang dapat kami bagikan agar memperluas kasanah pengetahuan anda, semoga bermanfaat. Idecara.com merupakan laman yang membahas tentang ide-ide beserta cara dalam hal teknologi, fashion, kesehatan, makanan dan lain sebagainya. Silakan melihat katalog ide-ide juga cara-cara terbaru lainnya yang telah admin sediakan, atau anda dapat melihat sesuai kategori di bawah ini. Terima Kasih.

Cara Membuat Masker Lidah Buaya untuk Kulit Berjerawat | admin | 4.5