Cara Memutihkan Selangkangan dengan Bahan Alami

Selangkangan memang merupakan bagian tubuh yang tertutup dan jarang terekspos dari luar. Namun, bagaimanapun selangkangan hitam jelas bukanlah pemandangan yang menarik, baik bagi Anda ataupun pasangan. Oleh karena itu perlu cara yang tepat untuk memutihkannya. Sifatnya yang sensitif membuat cara memutihkan selangkangan tidak boleh sembarangan, bahan alamilah solusi terbaiknya.

Menghitamnya area selangkangan ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, yang paling umum adalah karena faktor genetik. Beberapa orang memiliki kecenderungan lebih mudah mengalami pigmentasi kulit dibanding lainnya.

Selain itu faktor lain juga bisa jadi penyebab menghitamnya selangkangan, diantaranya yaitu:

  • Terlalu sering terkena sinar UV (baca: Manfaat dan Bahaya Sinar Matahari)
  • Efek penyakit kulit tertentu.
  • Sering mengenakan celana dalam dari bahan poliester.
  • Dampak kebiasaan mencukur.
  • Gesekan yang sering terjadi antara paha akibat memakai busana yang terlalu ketat.
  • Keringat berlebih.
  • Timbunan sel kulit mati yang jarang dibersihkan.
  • Sebelumnya selangkangan sering gatal.

Tekstur kulit di selangkangan sangatlah sensitif, maka bukan langkah bijak untuk memakai produk pemutih kulit yang sarat dengan bahan kimia. Sebagai gantinya, Anda bisa memutihkan selangkangan dengan bahan alami.

Artikel Terbaru Untuk Anda

Cara Memutihkan Selangkangan dengan Bahan Alami

Bahan alami untuk memutihkan selangkangan:

1. Lidah Buaya

Lidah buaya memang populer akan kemampuannya dalam mencerahkan kulit. Bila dipakai secara teratur, maka lidah buaya bisa memudarkan berbagai noda di kulit. Tanaman yang dijuluki “keajaiban alam” ini juga bisa memperbaiki dan merangsang regenerasi sel kulit.

Menurut hasil studi 2010 yang dimuat dalam Journal of Chemical and Pharmaceutical Research, lidah buaya bahkan juga bisa menghilangkan noda hitam sehingga kulit lebih bersih.

Cara memutihkan selangkangan dengan lidah buaya sangat mudah. Anda tinggal mengoleskan ekstrak gelnya ke selangkangan, diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air. Lakukan treatment ini sekali sehari agar hasilnya maksimal.

2. Air Lemon

Bahan pemutih kulit alami lainnya yang juga terkenal adalah air perasan lemon. Kandungan vitamin C dari lemon juga bisa mengikis sel kulit mati dan mencerahkan warna kulit secara alami. Di samping itu, lemon juga bisa merangsang regenerasi sel kulit.

Untuk pemakaian lemon sebagai pemutih selangkangan, Anda bisa mencoba resep berikut:

  • Potong 1 buah lemon menjadi 2, lalu gosokkan ½ buahnya ke selangkangan selama beberapa menit. Biarkan air lemonnya meresap di kulit selama 10-15 menit sebelum dibilas dengan air hangat.
  • Campur air dari ½ buah lemon dengan 1 sdm yogurt tawar dan ½ sdt madu. Oleskan ke area selangkangan, diamkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Namun, karena air lemon bisa membuat kulit kering, oleh sebab itu jangan lupa mengoleskan pelembab atau minyak kelapa setelah mencoba resep tadi.

( ! ) Anda tidak disarankan menggunakan lemon setelah melakukan waxing karena bisa memicu iritasi. Selain itu, hindarkan area selangkangan dari paparan sinar matahari langsung selama 1-2 hari setelah menggunakan air lemon.

Lemon juga terkenal akan segudang manfaatnya untuk kesehatan, seperti yang sudah dirangkumkan pada tulisan berikut: Kandungan dan Manfaat Lemon untuk Kesehatan dan Kecantikan.

3. Jus Timun

Jus timun mengandung vitamin A yang dapat mengurangi kulit gelap dengan cara mengontrol produksi melanin. Selain itu, tingginya kandungan air dari timun dapat menghidrasi serta membuat kulit lebih bersinar.

Cara memutihkan selangkangan dengan timun adalah dengan mengekstrak ½ buah timun, lalu oleskan ke kulit. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air dingin. Ulangi perawatan ini sebanyak 2 kali sehari untuk hasil optimal.

Alternatif lainnya adalah dengan mencampurkan 2 sdm jus timun dengan masing-masing ½ sdm air lemon dan bubuk kunyit. Aplikasikan ke area selangkangan yang gelap, diamkan selama 10 menit sebelum membilasnya dengan air dingin. Lakukan sekali sehari.

4. Kulit Jeruk

Setelah menikmati segarnya buah jeruk, gunakan kulitnya untuk mencerahkan area selangkangan. Kulit jeruk ternyata lebih banyak mengandung vitamin C ketimbang buahnya, maka otomatis kulit jeruk juga ampuh untuk menangkal radikal bebas yang berdampak buruk bagi kulit.

Cara memutihkan selangkangan dengan kulit jeruk adalah dengan menjemur kulit jeruknya lebih dulu hingga kering. Setelah itu, tumbuk menjadi bubuk halus, dan campurkan 1 sdm bubuk kulit jeruk tadi dengan 2 sdm yogurt tawar. Anda juga boleh menambahkan sedikit madu ke campuran tersebut.

Oleskan ke selangkangan, biarkan hingga kering, lalu gosok-gosok dengan tangan basah. Terakhir, bilas dengan air dingin dan lakukan perawatan ini 2 kali sehari.

5. Tomat

Selain mengandung agen pemutih alami, tomat juga mengandung antioksidan likopen yang bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Tomat membuat kulit tak lagi sensitif terhadap kerusakan akibat sinar UV. Selain itu, tomat juga bisa mengikis sel kulit mati dari selangkangan dan bagian tubuh lainnya.

Cara memutihkan selangkangan dengan tomat adalah dengan menggosokkan potongan tomat ke kulit. Gunakan gerakan melingkar dan lakukan selama beberapa menit. Setelah itu, diamkan air tomatnya di kulit selama 10 menit sebelum membilasnya dengan air dingin. Ulangi perawatan ini sekali sehari.

6. Almond

Baik kacang almond maupun minyaknya, keduanya ampuh mencerahkan tone kulit. Kandungan vitamin A, E, serta asam lemak esensial yang tinggi dari almond juga bisa menutrisi, menenangkan, dan melembabkan kulit. Kasarnya tekstur kacang almond juga bisa mengikis sel kulit mati dan melembutkan kulit.

Jika Anda punya kacang almond di rumah, rendamlah 5-6 butir dalam air semalaman agar lunak. Keesokan harinya, giling sehingga membentuk pasta. Tambahkan 1 sdm susu (whole milk) ke dalamnya.

Cara memutihkan selangkangan dengan bahan ini cukup dengan mengoleskannya. Biarkan selama 10-15 menit, lalu gosok kulit dengan gerakan melingkar. Ulangi sebanyak 2-3 kali seminggu. Cara lain yang lebih mudah adalah dengan memijat kulit selangkangan dengan minyak almond hangat selama 5 menit setiap hari sebelum tidur.

7. Susu

Susu merupakan bahan pencerah kulit alami lainnya karena mengandung asam laktat yang dapat mengurangi pigmentasi kulit. Selain itu, susu juga bisa melembabkan kulit. Cara memutihkan selangkangan menggunakan susu adalah dengan menuang susu dingin dalam mangkuk kecil, lalu celupkan kain katun bersih ke dalamnya.

Tempatkan kain tersebut sebagai kompres di selangkangan selama 5 menit. Ulangi selama beberapa kali. Terakhir, pijat lembut kulit selama beberapa menit, lalu bilas sampai bersih. Lakukan treatment ini sedikitnya 2 kali dalam sehari.

8. Baking soda

Tekstur baking soda yang sedikit kasar bisa menjadi agen exfoliator handal untuk mengikis sel kulit mati. Selain itu, baking soda juga bisa mengurangi keringat berlebih, salah satu penyebab perubahan warna kulit pada selangkangan.

Anda hanya perlu mencampurkan baking soda dan air dengan perbandingan 3:1 sehingga terbentuk adonan mirip pasta. Aplikasikan itu ke kulit, biarkan hingga kering, kemudian bilas dengan air dingin. Lakukan perawatan ini 2 kali seminggu saja. Pemilik kulit sensitif ada baiknya tidak memakai baking soda untuk memutihkan selangkangan.

9. Pepaya

Yang menyebabkan pepaya termasuk dalam salah satu daftar bahan alami pemutih kulit adalah karena enzim papainnya. Enzim ini tak hanya mencerahkan kulit, namun juga bisa mengikis timbunan sel kulit mati. Di samping itu, pepaya juga tinggi muatan vitamin C-nya sehingga membuat buah satu ini dapat melindungi sel kulit dari buruknya efek sinar matahari.

Anda bisa menggosokkan ¼ cangkir buah pepaya ke kulit gelap di selangkangan selama 5 menit, lalu diamkan hingga 15 menit lagi sebelum membilasnya dengan air dingin. Alternatif lain adalah dengan mencampur ¼ cangkir pepaya hijau dengan ½ sdt minyak vitamin E, madu, dan yogurt tawar sehingga membentuk adonan pasta. Pijatkan itu ke selangkangan, lalu diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

10. Bubuk Kayu Cendana

Cendana tak cuma dapat meningkatkan corak kulit, namun juga merawat hiperpigmentasi. Anda tinggal mencampurkan perasan ½ buah lemon dengan 3-4 sdm bubuk cendana. Campur hingga membentuk pasta, lalu tambahkan sedikit air mawar bila adonannya terlalu pekat. Oleskan ke selangkangan sebelum tidur, lalu diamkan semalaman. Keesokan harinya, bilas dengan air dingin dan lakukan secara rutin setiap hari hingga kulit cerah.

Tips Tambahan untuk Memutihkan Selangkangan

  • Jika ingin mengikis sel kulit mati di area selangkangan, lakukan seminggu sekali saja supaya tidak iritasi.
  • Saat berenang atau memakai celana pendek, oleskan juga sunscreen ke area selangkangan agar kulit tak menghitam.
  • Kenakan celana dalam dari bahan katun yang tak terlalu ketat.
  • Hindari mencukur bulu di area selangkangan karena bisa merusak tekstur lembut kulit. Untuk menghilangkan bulu, lebih baik gunakan waxing saja.
  • Pakailah sabun lembut untuk membersihkan kulit selangkangan.
  • Makanlah banyak buah, sayur, daging tanpa lemak, serta sereal gandum untuk menyehatkan kulit secara keseluruhan.
  • Minum banyak air agar toksin berbahaya bisa keluar dari tubuh sehingga kulit terjaga kebersihan maupun kelembabannya.

Bila Anda rutin mencoba berbagai cara memutihkan selangkangan di atas, maka lambat laun hasilnya pasti akan nampak. Selamat mencoba!

Nah itulah sedikit informasi terbaru dan terlengkap seputar Cara Memutihkan Selangkangan dengan Bahan Alami yang dapat kami bagikan agar memperluas kasanah pengetahuan anda, semoga bermanfaat. Idecara.com merupakan laman yang membahas tentang ide-ide beserta cara dalam hal teknologi, fashion, kesehatan, makanan dan lain sebagainya. Silakan melihat katalog ide-ide juga cara-cara terbaru lainnya yang telah admin sediakan, atau anda dapat melihat sesuai kategori di bawah ini. Terima Kasih.

Cara Memutihkan Selangkangan dengan Bahan Alami | admin | 4.5