Cara Menghapus Cache Otomatis di Android

Apa itu Cache? Kata cache itu diambil dari kata crash. Secara istilah file cache dapat diartikan sebagai file sementara (Temporary). Cache dalam ilmu komputer didefinisikan sebagai komponen yang menyimpan data-data komputasi yang baru dijalankan atau duplikasi data lain. Fungsi utama cache pada dasarnya adalah untuk bantu mempercepat loading pada sebuah halaman situs atau performa transfer data pada suatu aplikasi, juga untuk membantu mempercepat perangkat ketika menjalankan aplikasi yang sebelumnya sudah pernah dipergunakan.

Namun karena begitu banyaknya aplikasi yang ada pada sebuah handphone, maka hal ini dapat menyebabkan banyaknya ruang pada memory handphone yang terpakai untuk menyimpan Cache, yang hal ini akan berdampak pada melambatnya kinerja handphone, sehingga handphone akan terasa berat, loading yang lambat dan bisa berdampak error sistem pada android.

Untuk menjaga performa handphone anda, alangkah baiknya untuk menghapus file Cache ini secara rutin minimal 7 hari sekali. Produksi file cache akan sangat banyak pada saat browsing di Internet atau membuka media sosial . Setiap halaman akan menghasilkan file cache, maka dari itu file cache akan terus menumpuk.

Bagaimanakah Cara Menghapus Cache pada Handphone?

Artikel Terbaru Untuk Anda

1. Menghapus cache dapat dilakukan satu per satu, dan disini kita dapat memilih aplikasi apa yang akan di hapus cachenya,

– Caranya: masuk pada menu SettingManager Aplikasi – Pilih aplikasi yang akan di hapus cachenya kemudian Clear Cache

Cara Menghapus Cache Otomatis di Android

– Kemudian pada tab Residual Files, untuk menghapus folder – folder yang kosong yang tersisa. klik Delete. 

Dengan Aplikasi ini anda juga dapat mengatur agar Cache pada handphone anda dapat dibersihkan secara otomatis. dengan cara masuk pada menu Setting yang ada pada bagian kanan atas, kemudian klik Auto Clear Interval, Selanjutnya pilih waktunya.

Sebenarnya untuk menghapus cache sekaligus pada handphone android dapat dilakukan tanpa menggunakan aplikasi tambahan namun cara ini hanya dapat dilakukan pada perangkat OS Android 4,2 jelly Bean keatas, melalui menu Penyimpanan (Storage) dan pilih Cached Data.

Nah itulah sedikit informasi terbaru dan terlengkap seputar Cara Menghapus Cache Otomatis di Android yang dapat kami bagikan agar memperluas kasanah pengetahuan anda, semoga bermanfaat. Idecara.com merupakan laman yang membahas tentang ide-ide beserta cara dalam hal teknologi, fashion, kesehatan, makanan dan lain sebagainya. Silakan melihat katalog ide-ide juga cara-cara terbaru lainnya yang telah admin sediakan, atau anda dapat melihat sesuai kategori di bawah ini. Terima Kasih.

Cara Menghapus Cache Otomatis di Android | admin | 4.5