Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Alami

Ketiak bau merupakan hal yang wajar terjadi, khususnya pada usia remaja ke atas. Meski demikian, bukan berarti kondisi ini boleh terus dibiarkan. Bau tak sedap pada ketiak harus dihilangkan agar tidak bikin malu. Oleh karenanya, perlu cara menghilangkan bau ketiak yang ampuh. Namun sebelum itu, mari kita simak lebih dahulu apa saja yang menyebabkan munculnya bau ketiak.

Kalau selama ini Anda menyangka keringatlah tersangka utama ketiak bau, maka Anda salah besar. Keringat sebenarnya tidak memiliki aroma, dan berkeringat merupakan respon tubuh yang penting karena ini merupakan cara tubuh mengatur ulang suhunya.

Bakteri di kulitlah yang menyebabkan bau ketiak. Bakteri menimbulkan bau ketiak dengan cara menggunakan keringat untuk berkembang biak dan mencerna keratin, jenis protein di permukaan kulit, sehingga timbul bau tak sedap di ketiak.

Sekarang, bagaimana cara menghilangkan bau ketiak? Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menghilangkan bau ketiak secara permanen yaitu, mengubah gaya hidup lebih sehat, menghindari makanan dan minuman yang memicu bau badan dan menggunakan bahan alami untuk menghilangkan bau ketiak.

Artikel Terbaru Untuk Anda

Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Alami

Mengubah Gaya Hidup untuk Menghilangkan Bau Ketiak

Salah satu cara menghilangkan bau ketiak yang penting adalah dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Gaya hidup di sini melibatkan banyak aspek mulai dari kebiasaan mandi, mengganti pakaian, hingga menu makan sehari-hari. Mari kita tilik tiap aspeknya secara mendetil.

1. Mandi Setiap Hari

Jarang mandi merupakan salah satu penyebab utama bau ketiak, jika Anda jarang mandi ada baiknya segera bertobat dan mulailah rutin mandi setiap hari. Usahakan untuk mandi sedikitnya sekali sehari, tak peduli sesibuk apapun jadwal harian atau seberapa lelahnya Anda.

Mandi merupakan cara paling efektif untuk menyegarkan sekaligus membersihkan tubuh setelah beraktivitas sepanjang hari. Anda juga sebaiknya langsung mandi setelah aktif bergerak seharian atau berolahraga. Tidak mandi setelah berolahraga bisa menimbun bau badan.

Saat mandi, gunakan sabun antibakteri, dan pastikan untuk mengeringkan tubuh secara keseluruhan. Jangan sampai ada bagian tubuh yang masih basah, karena kelembaban bisa mengundang bakteri tinggal di permukaan kulit.

2. Oleskan Deodoran atau Antiperspirant di Ketiak

Meski deodoran tidak bisa menghentikan keluarnya keringat, namun produk ini bisa menyamarkan bau yang ditimbulkan bakteri di kulit. Lain halnya dengan antiperspirant yang mengandung aluminium klorida, bahan kimia yang bisa mengurangi produksi keringat sekaligus mengandung deodoran.

Gunakan antiperspirant dua kali sehari pada pagi dan malam hari. Jika Anda hanya ingin menggunakannya sekali saja, maka lakukanlah sebelum tidur. Jangan di pagi hari setelah mandi karena keringat bisa menghilangkannya.

Bila Anda butuh produk yang lebih kuat daripada deodoran atau antiperspirant, maka pilihlah yang kadarnya lebih tinggi. Namun jika cara menghilangkan bau ketiak ini tak berhasil juga, maka Anda mungkin harus pergi ke dokter dan minta resep antiperspirant yang lebih kuat.

3. Pilih Bahan Pakaian yang Tepat

Mengenakan baju yang terbuat dari bahan katun, wol, atau sutera bisa jadi pilihan untuk menangkal bau ketiak karena membuat tubuh menghasilkan lebih sedikit keringat. Jika Anda rutin berolahraga, gunakan pakaian khusus yang dapat menyerap kemudian menguapkan keringat agar tidak ada area lembab diantara pakaian dan kulit.

4. Ganti dan Cuci Pakaian Sesering Mungkin

Jangan kenakan kaos yang sama selama 3 hari berturut-turut. Inilah salah satu alasan mengapa ketiak bau. Pastikan untuk selalu mengganti dan mencuci pakaian setelah memakainya, serta hindari mengenakan baju yang sama 2 hari atau lebih berturut-turut, tak peduli seberapa nyamannya itu.

Jangan lupa untuk segera membersihkan pakaian olahraga setelah digunakan, karena baju yang kotor dan lembab merupakan sarang yang nyaman bagi bakteri untuk berkembang.

5. Jauhi Stres

Seringkali penyebab keringat berlebih berasal dari stres. Oleh karenanya, kurangi stres dengan cara yang paling efektif menurut pengalaman Anda, apakah itu yoga, meditasi, atau lainnya. Stres juga bisa dicegah dengan menjauhi penyebabnya. Contoh, jika kebiasaan buru-buru di pagi hari selalu membuat Anda tertekan, maka cobalah bangunlah lebih awal.

Cara Menghilangkan Bau Ketiak Lainnya

Gaya hidup sudah berubah lebih sehat, namun sepertinya aroma ketiak tak mengalami peningkatan signifikan. Ketiak tetap saja bau walau mungkin tak separah dulu. Apa yang harus dilakukan?

1. Periksa ke Dokter

Jika Anda sudah mencoba berbagai cara menghilangkan bau ketiak, namun masih gagal juga, maka mungkin ini saatnya untuk menemui dokter. Tak hanya bisa meresepkan antiperspirant yang lebih kuat dan memberi masukan, dokter juga bisa menyarankan beberapa perawatan seperti misalnya:

  • Superficial liposuction curettage untuk menghilangkan kelenjar keringat dengan cara menyedot keluar jaringan subkutaneus melalui sayatan kecil di kulit.
  • Operasi terbuka yang melibatkan proses memotong atau mencukur jaringan subkutaneus. Meski lebih berisiko, namun hasil perawatan ini lebih bertahan lama.

2. Mencukur Bulu Rambut

Jika ketiak bebas bulu, maka akan sulit bagi bakteri untuk bersarang dan berkembang biak. Inilah alasan mengapa wanita lebih jarang mengalami bau ketiak dibanding pria. Jadi kalau selama ini Anda jarang mencukur ketiak, maka lakukan setiap kali mandi atau sesering mungkin.

Belakangan ini, banyak juga ahli menawarkan perawatan Botox untuk menghilangkan bau ketiak. Sesudah diinjeksikan ke ketiak, Botox akan mencegah otak mengirimkan pesan ke kelenjar keringat di ketiak. Menurut statistik, sekali perawatan dengan Botox ini bisa bertahan antara 2-8 bulan. Biasanya perawatan ini diperuntukkan bagi mereka yang bau badannya parah, namun tentu saja biayanya tidak murah.

3. Gunakan Larutan Hidrogen Peroksida

Campurkan 1 sdt hidrogen peroksida dengan 1 cangkir air. Celupkan kain atau waslap ke dalamnya, lalu seka ketiak dengan itu. Larutan ini efektif membasmi bakteri penyebab bau tak sedap di ketiak.

4. Hindari Rokok

Rokok tembakau merupakan salah satu penyebab ketiak dan badan bau, oleh sebab itu, jauhilah.

5. Aplikasikan Cuka Putih atau Cuka Apel pada Ketiak

Tuang cuka ke atas kain lalu seka ketiak dengan itu. Cuka bisa mengubah pH kulit sehingga bakteri sulit tumbuh. Di samping itu, Dr. Oz juga menyarankan Anda untuk memercikkan cuka apel ke ketiak usai mandi.

Jangan khawatir soal bau asam cukanya karena itu akan hilang nantinya. Namun jangan gunakan cuka kalau Anda baru saja mencukur bulu ketiak atau kulit sedang iritasi. Dan lakukan tes lebih dulu ke kulit untuk mencari tahu apakah Anda alergi terhadap bahan ini atau tidak.

6. Bedaki Ketiak dengan Tepung Jagung atau Baking Soda

Kedua bahan ini bisa mengurangi kelembaban akibat keringat sekaligus menangkis bakteri. Anda juga bisa menyeka ketiak basah akibat keringat untuk meminimalisir pertumbuhan bakteri.

7. Gunakan Tawas

Saat mandi, tak ada salahnya menggunakan sarung tangan khusus untuk mengikis sel kulit mati dari permukaan kulit. Setelah selesai mandi, keringkan badan dengan benar, lalu aplikasikan tawas ke ketiak. Sesudahnya, oleskan sedikit minyak kelapa sebagai parfum alami.

8. Betadin

Para dokter dari Karri Family Clinic (Singapura) menyarankan penggunaan iodine atau betadin untuk menyingkirkan bau ketiak. Anda bisa mengoleskannya menggunakan sikat lembut untuk mengikis sel kulit mati di ketiak. Diamkan betadin selama 5 menit, lalu mandilah seperti biasa. Pihak klinik menyarankan, penerapan metode ini selama beberapa hari untuk menggantikan penggunaan deodoran atau produk penghilang bau ketiak lainnya.

9. Minyak Esensial

Buatlah pasta dari campuran baking soda dengan minyak esensial lavender atau jeruk. Oleskan ke ketiak, lalu biarkan hingga pasta kering, kemudian bilas. Pastikan minyak esensialnya tidak terlalu sedikit agar hasilnya efektif.

10. Tea Tree Oil

Tea tree oil mengandung agen antibakteri sehingga ampuh untuk mengatasi bau ketiak akibat bakteri. Gunakan minyak alami ini untuk menyeka ketiak sebanyak 4-5 kali sehari. Tak cuma bisa menurunkan pH kulit, tea tree oil juga akan membuat bakteri sulit bertahan.

11. Perasan Lemon

Peras lemon segar lalu encerkan dengan sedikit air. Oleskan ke kulit ketiak, dan biarkan keasaman lemon mengubah pH kulit. Pastikan air lemonnya kering dulu sebelum mengenakan pakaian sebab jika tidak seluruh proses tadi akan sia-sia. Selain itu, berhati-hatilah menggunakan air lemon, karena lemon memiliki beberapa efek samping seperti dijelaskan dalam tulisan berikut:  Efek Samping Buah Lemon.

( ! ) Ingat, tidak ada jaminan hasil ketika Anda menggunakan bahan alternatif di atas untuk menghilangkan bau ketiak. Mengingat kondisi seseorang yang tidak bisa disamakan satu sama lain.

Mengubah menu makan juga bisa mengusir bau ketiak

Karena apa yang kita makan turut menentukan aroma badan, maka ikuti beberapa tips berikut:

1. Hindari Makanan Pemicu Bau Ketiak

Salah satu cara menghilangkan bau ketiak yang tak boleh dianggap remeh adalah dengan menghindari makanan pemicu aroma tak sedap. Contohnya adalah bawang, ikan, kari, makanan pedas, dan daging merah.

2. Hindari Minuman Beralkohol dan yang Mengandung Kafein

Anda yang punya kebiasaan minum kopi atau wine, ada baiknya mengurangi porsinya atau menghentikan konsumsinya sama sekali karena minuman ini juga bisa memicu bau ketiak.

3. Perbanyak Minum Air

Banyaknya cairan yang masuk dalam tubuh bisa membantu membersihkan dan menjaga badan tetap segar. Oleh karenanya, perbanyak asupan air putih setiap harinya.

4. Konsumsilah Makanan yang Bisa Memperbaiki Aroma Tubuh

Beberapa makanan yang terbukti bisa menghilangkan bau badan tak sedap adalah buah, sayur, dan whole grain. Tak hanya meningkatkan metabolisme tubuh, jenis makanan tersebut juga membuat proses pencernaan lebih efisien.

Selain itu, makanan yang sehat juga bisa mengurangi stres tubuh sehingga produksi keringat berkurang. Anda juga bisa mengunyah peterseli atau sayuran berdaun hijau lainnya setelah makan untuk menetralkan aroma dari makanan lain yang terlalu kuat.

5. Pilih juga Makanan Sumber Klorofil

Beberapa makanan yang sarat klorofil seperti bayam dapat menetralkan aroma kuat dari makanan lain yang menyebabkan bau ketiak. Anda juga dapat mengonsumsi makanan sumber klorofil ini dalam bentuk suplemen karena menurut Universitas Columbia, suplemen klorofil bisa meminimalisir bau ketiak.

6. Konsumsi Magnesium dan Zinc

Anda juga bisa menambahkan asupan magnesium dan zinc melalui vitamin atau mengonsumsi makanan yang kaya dengan nutrisi tersebut. Contoh makanan yang kaya magnesium antara lain seperti kacang-kacangan, biji-bijian, bayam, lentil, alpukat, pisang, dan ara. Sedangkan makanan yang sarat zinc adalah biji labu, coklat hitam, serta kacang tanah.

7. Pertahankan Pola Makan Sehat

Berbagai studi menunjukkan kalau pola makan tidak sehat, atau kondisi overweight maupun obesitas bisa membuat tubuh lebih tegang. Ini membuat tubuh lebih sulit aktif serta mudah berkeringat, kondisi yang sangat disukai oleh bakteri. Jadi kalau saat ini Anda termasuk overweight, maka kini saatnya untuk membiasakan diri mengonsumsi makanan yang sehat. Selain demi kesehatan, juga agar bau ketiak bisa berkurang.

Jadi itulah tadi beberapa cara menghilangkan bau ketiak yang bisa kami sarankan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Nah itulah sedikit informasi terbaru dan terlengkap seputar Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Alami yang dapat kami bagikan agar memperluas kasanah pengetahuan anda, semoga bermanfaat. Idecara.com merupakan laman yang membahas tentang ide-ide beserta cara dalam hal teknologi, fashion, kesehatan, makanan dan lain sebagainya. Silakan melihat katalog ide-ide juga cara-cara terbaru lainnya yang telah admin sediakan, atau anda dapat melihat sesuai kategori di bawah ini. Terima Kasih.

Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Alami | admin | 4.5