Cara Menghilangkan Jerawat di Dada, 100% Alami

Jerawat seringkali muncul di wajah, namun selain itu area dada juga bisa jadi sasarannya. Tak heran, karena kulit dada juga memproduksi keringat dan minyak, ketika keduanya bercampur dengan sel kulit mati dan kontaminasi kuman, maka timbullah jerawat di dada. Meskipun area dada jarang terlihat, namun rasa gatal dan tidak nyaman membuat penderitanya ingin segera menghilangkan jerawat di dada.

Yang perlu Anda ketahui, jerawat yang muncul di dada seringkali berbeda dengan yang timbul pada wajah. Secara teknis, jerawat di dada disebut folikulitis karena penyebabnya adalah infeksi pada folikel. Folikulitis ini bisa menimpa siapa saja, baik pria maupun wanita.

Cara Menghilangkan Jerawat di Dada, 100% Alami

Beberapa ciri jerawat di dada antara lain kemerahan, bengkak, sakit, meradang, berdarah, meninggalkan luka, dan menimbulkan infeksi kulit. Penyebab timbulnya jerawat di dada bisa jadi karena banyak faktor seperti:

Artikel Terbaru Untuk Anda

  • Stres.
  • Tidak cocok saat menggunakan produk kosmetik tertentu.
  • Kebiasaan memakai pakaian ketat.
  • Gangguan tidur.
  • Pola makan tidak sehat.
  • Perubahan hormon.
  • Minum alkohol berlebihan.
  • Merokok.

Gaya Hidup Sehat untuk Menghilangkan Jerawat di Dada

Untungnya, cara menghilangkan jerawat di dada tak jauh beda dengan yang muncul di wajah. Selain dengan menggunakan obat atau krim yang dijual di toko obat, Anda juga perlu mengadopsi gaya hidup yang sehat. Beberapa yang disarankan antara lain:

1. Pola Makan yang Sehat

Seperti disebutkan sebelumnya, salah satu penyebab munculnya jerawat di dada adalah akibat pola makan yang buruk. Jadi untuk mencegah atau menghilangkan jerawat di dada, Anda jelas harus memiliki pola makan sehat.

Jangan anggap sepele! mengatur pola makan yang sehat adalah langkah awal kunci kesuksesan dalam menghilangkan jerawat di dada.

Lebih banyaklah makan buah dan sayur! Riset menunjukkan penggemar buah dan sayur memiliki risiko lebih rendah terkena masalah kulit bila dibanding mereka yang terbiasa mengonsumsi susu dan makanan berkolesterol.

Di samping buah dan sayur, kacang-kacangan juga dapat membantu menghilangkan jerawat di dada berkat kandungan agen antiradang seperti asam omega-3 salah satunya. Anda juga bisa mendapati asam omega-3 dalam ikan seperti sarden dan salmon. Untuk sayurnya, Anda disarankan memilih yang berdaun hijau.

2. Jaga Tubuh tetap Terhidrasi

Salah satu fungsi air adalah membantu mengeluarkan toksin dari dalam tubuh. Nah supaya tubuh tetap terhidrasi, Anda bisa minum banyak air, jus,  atau mengonsumsi sup serta buah-buahan. Tak hanya meminimalisir risiko munculnya jerawat di dada, air juga dapat mencegah alergi kulit dan menyeimbangkan jumlah keringat yang keluar saat cuaca panas.

3. Rajin Mandi

Agar kulit terjaga kesegaran maupun kebersihannya, usahakan untuk mandi sedikitnya 2 kali sehari. Apalagi saat cuaca sedang panas, Anda mungkin perlu lebih sering mandi supaya bisa tetap bersih dan merasa segar.

Soal sabunnya, pilih yang bersifat antibakteri atau mengandung bahan alami seperti air mawar, timun, mint, neem, tea tree, dan lain sebagainya. Bahan-bahan tersebut dapat membantu menghilangkan jerawat di dada.

4. Kenakan Pakaian Berbahan Sejuk

Agar jerawat di dada tidak bertambah parah, maka hindari menggunakan pakaian ketat atau yang terbuat dari bahan sintetis. Sebaiknya kenakan baju yang nyaman dan sejuk seperti yang berbahan linen, katun, nilon, atau rayon.

5. Kurangi Stres

Karena stres merupakan salah satu penyebab utama jerawat, maka Anda harus mengatasinya kalau ingin jerawat di dada hilang. Pasalnya, stres bisa mengusik sel-sel tubuh saat memproduksi minyak sehingga kadar yang keluar jadi tak beraturan. Tak hanya meredakan stres, kambuhnya kembali jerawat di dada juga bisa dicegah dengan istirahat yang cukup.

6. Hindari Menggunakan Produk dari Bahan Kimia Berbahaya

Beberapa produk perawatan tubuh seperti deodoran, body lotion, krim, dan bedak mengandung bahan yang kurang ramah untuk kulit. Pemakaian produk-produk tersebut secara rutin bisa menyumbat pori-pori kulit sehingga memicu timbulnya jerawat di dada.

Bahan Alami untuk Menghilangkan Jerawat di Dada

Di samping menjalani pola hidup sehat tadi, Anda juga bisa memanfaatkan bahan alami yang pastinya lebih aman, murah, dan efektif untuk menghilangkan jerawat di dada. Lantas apa saja bahan alami yang dimaksud di sini? Berikut detailnya.

Cara Menghilangkan Jerawat di Dada, 100% Alami

1. Pasta Gigi

Ya meski pasta gigi atau odol bukanlah ‘bahan alami’ dalam arti sesungguhnya, namun produk ini pasti ada di setiap rumah. Tak hanya efektif untuk membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan, pasta gigi juga bisa menghilangkan jerawat di dada.

Alasannya karena odol mengandung agen antimikroba yang mampu memerangi bakteri penyebab jerawat di dada. Selain itu, ketika dioleskan ke kulit, odol juga bisa menimbulkan iritasi yang mana dapat mempercepat mengelupasnya jerawat.

Anda tinggal membersihkan dulu area dada yang berjerawat dengan air hangat, lalu keringkan. Setelah itu, aplikasikan odol ke area dada, diamkan semalaman, dan pada keesokan harinya, bilas dengan air dingin. Lakukan setiap malam hingga jerawat kering dan sembuh.

2. Cuka Apel

Bahan alami satu ini benar-benar ajaib. Tak hanya bisa membantu melangsingkan tubuh dan menetralkan pH kulit wajah, namun cuka apel juga dapat menghilangkan jerawat di area dada.

Kandungan AHA (alpha hydroxy acids) cuka apel dapat membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat dan mencegah timbunan sel kulit mati. Hasilnya jerawat jadi cepat kering dan risiko timbul bekas lukapun juga berkurang.

Ada beberapa cara yang bisa dipilih untuk atasi jerawat di dada dengan cuka apel, yaitu:

  • Ambil 1 sdt cuka apel mentah yang belum disuling, lalu tambahkan itu ke dalam segelas air hangat. Minum 1-2 kali sehari.
  • Larutkan 1 bagian cuka apel dengan 2 bagian air. Setelah itu, celupkan cotton ball ke dalamnya, aplikasikan ke area dada yang berjerawat. Tunggu 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan metode ini 2 kali sehari hingga terasa hasilnya.
  • Alternatif lainnya adalah dengan mencampurkan 1 sdt cuka apel, 2 sdt green tea, 1 sdt madu, dan 5 sdt gula. Setelah adonan tercampur rata, oleskan itu ke dada dengan gerakan melingkar. Diamkan selama 10 menit sebelum membilasnya dengan air. Metode ini hanya boleh diterapkan 1 minggu sekali.

Baca juga: Manfaat Cuka Apel dan Cara Menggunakannya.

3. Garam Epsom

Berkat kandungan magnesium sulfatnya, garam epsom memiliki kemampuan untuk mengeliminasi toksin dan mengurangi radang, gatal, serta kemerahan. Tak cuma itu saja, garam ini juga bisa mengaktifkan enzim tubuh sehingga membantu proses penyerapan vitamin D, potasium, dan zinc.

Cara memakainya adalah dengan mencampurkan garam epsom bersama ampas kopi dan minyak kelapa. Dalam resep berikut, ampas kopi dapat membantu merangsang pembentukan sel kulit baru, sedangkan minyak kelapa berguna untuk membunuh bakteri penyebab jerawat.

Pertama-tama, campurkan masing-masing 4 ons ampas kopi dan garam epsom. Setelah itu, tuang 1 sdt tea tree oil dan 1 sdt minyak kelapa. Aduk hingga rata, lalu simpan adonan dalam wadah kedap udara. Setelahnya, gunakan adonan untuk menggosok area berjerawat saat mandi. Sebagai langkah terakhir, bilas dengan air setelah didiamkan beberapa menit. Ulangi metode ini sebanyak 3 kali dalam seminggu.

4. Baking Soda

Baking soda mengandung zat antiradang yang dapat meredakan infeksi dan rasa sakit dari luka jerawat. Selain itu, baking soda juga bisa membantu mengikis sel kulit mati sehingga kulit jadi lebih bersih, mulus, dan cerah.

Anda tinggal menambahkan sedikit air ke 1 sdt baking soda, lalu aduk rata hngga tercipta adonan mirip pasta. Oleskan itu di area berjerawat, diamkan sekitar 10 menit, setelah itu baru bilas dengan air dingin. Lakukan cara ini sekali sehari.

5. Tea Tree Oil

Rasanya kurang afdol kalau belum menyebutkan tea tree oil saat bicara soal urusan menghilangkan jerawat. Minyak satu ini memang sangat terkenal dan sering dipakai sebagai bahan unggulan untuk berbagai produk kecantikan, apakah itu sabun mandi, sampo, mouthwash, gel, krim, hingga obat jerawat.

Sifat astringent-nya mampu membersihkan pori-pori tersumbat dan mencegah munculnya jerawat, sedangkan agen antijamur dan antibakteri dari tea tree oil dapat membasmi bakteri penyebab jerawat.

Cara menghilangkan jerawat di dada memakai tea tree oil pun sangat mudah. Anda tinggal membasahi cotton ball dengan tea tree oil, lalu bubuhkan ke area berjerawat. Setelah 10 menit berlalu, bilas sampai bersih menggunakan air hangat.

Lakukan pengobatan ini sebanyak 2-3 kali sehari hingga terlihat hasil yang diinginkan. Dan untuk tipe kulit sensitif, campurkan beberapa tetes tea tree oil dengan minyak zaitun agar kadarnya tidak terlalu keras untuk kulit.

6. Lemon

Air perasan lemon juga terkenal kemampuannya jika menyangkut cara menghilangkan jerawat di dada. Berkat kandungan antibakterinya, lemon dapat membantu membasmi bakteri penyebab jerawat. Selain itu, air perasan lemon juga mengandung asam L-askorbat yang berperan sebagai astringent alami (membuat jerawat kering alami).

Cara membuatnya, campurkan air mawar dan air perasan lemon dengan perbandingan sama. Oleskan ke area berjerawat, diamkan selama 15-25 menit, lalu bilas dengan air dingin. Untuk hasil optimal, lakukan sebanyak 2 kali sehari.

Alternatif lainnya adalah dengan menggosokkan ½ buah lemon ke area berjerawat, dan biarkan airnya membasahi daerah tersebut selama 30 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin sampai bersih, dan terapkan cara ini sekali sehari. Perlu dicatat, lemon tidak disarankan untuk pemilik yang sensitif. Untuk itu, baca juga penjelasan tentang Efek Samping Buah Lemon.

7. Lidah Buaya

Ada begitu banyak manfaat lidah buaya yang memang mengagumkan. Di samping dapat melembabkan rambut dan kulit, gel lidah buaya juga bisa memberikan rasa nyaman pada kulit; meredakan rasa sakit, kemerahan, dan sensasi gatal yang mungkin ditimbulkan oleh jerawat.

Selain itu, aloe vera juga bisa meminimalisir risiko timbulnya bekas luka. Semua ini berkat kandungan lektin, polisakarida, dan antrakuinonnya. Lebih dari itu, lidah buaya juga memuat agen antibakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.

Cara memakainya mudah saja, tinggal belah daun lidah buaya, ambil gelnya. Kemudian aplikasikan ke dada, gosok selama beberapa detik hingga meresap. Biarkan hingga kering dengan sendirinya, dan ulangi hingga 2-3 kali sehari.

Baca juga: 33 Manfaat Lidah Buaya yang Terbukti secara Ilmiah.

8. Kayu Manis

Selain mengandung agen antimikroba yang dapat membasmi bakteri penyebab jerawat, kayu manis juga bersifat antiradang, antibakteri, dan antoksidan. Tak hanya jerawat di dada saja, kayu manis juga ampuh atasi gangguan kulit lain seperti psoriasis dan eksim. Untuk prakteknya, Anda bisa mencoba salah satu atau kedua resep berikut:

Resep 1 – Menghilangkan Jerawat di dada dengan kayu manis + madu:

Buat pasta dari 1 sdt bubuk kayu manis dan sedikit madu. Oleskan ke area berjerawat, diamkan selama 15 menit, lalu bilas, kemudian tepuk-tepuk kulit dengan handuk hingga kering. Agar jerawat di dadanya cepat hilang, ulangi metode ini 2 kali sehari.

Resep 2 – Menghilangkan Jerawat di dada dengan kayu manis + lemon:

Campur 1 sdm bubuk kayu manis dengan 3 sdm air perasan lemon segar. Lalu oleskan tipis-tipis di permukaan kulit berjerawat, diamkan 1 jam dan bersihkan dengan air dingin. Prosedur ini disarankan dilakukan sekali sehari saja.

9. Oatmeal

Tak cuma mampu menyerap kelebihan kolesterol dalam tubuh saat dikonsumsi, oatmeal juga dapat menyerap minyak berlebih di kulit sekaligus membersihkan pori-pori tersumbat. Lebih dari itu, oatmeal mengandung agen antiradang yang bisa menurunkan risiko timbulnya jerawat. Anda tinggal mencampurkan 2 sdm oatmeal dengan air sehingga terbentuk semacam pasta. Oleskan itu ke kulit dan tunggu 30-35 menit sebelum membilasnya dengan air.

10. Bawang Putih

Kandungan alisin yang cukup tinggi membuat bawang putih bersifat antibakteri dan antiradang. Oleh karenanya, bawang putih termasuk salah satu bahan alami yang ampuh untuk menghilangkan jerawat di dada. Cara memakainya adalah dengan melumat 1 siung bawang putih hingga lembut. Bubuhkan itu (atau pakai air perasan bawang putihnya juga bisa) di area berjerawat, lalu bilas setelah 30 menit berlalu.

11. Bubuk Kunyit

Satu lagi bahan alami yang terkenal ampuh soal urusan menghilangkan jerawat, kunyit. Umbi-umbian berwarna oranye satu ini tak hanya mengandung zat antioksidan saja, tapi juga antibakteri dan antiradang.

Anda dapat mencampurkan 1 sdt bubuk kunyit dengan air mawar secukupnya. Aplikasikan itu ke area berjerawat, kemudian bilas dengan air hangat setelah 15-20 menit berlalu. Terapkan metode ini 1-2 kali sehari.

Di samping itu, 1 sdt bubuk kunyit juga bisa dikombinasikan dengan 1 sdt madu dan 2 sdt susu. Sesudah tercampur rata, oleskan adonan ke kulit, biarkan hingga kering sebelum dibilas dengan air hangat. Lakukan cara ini 2-3 kali seminggu.

12. Garam Laut dan Lemon

Kombinasi garam laut dan air perasan lemon juga efektif untuk menghilangkan jerawat di dada. Garam laut diperkaya kandungan antibakteri dan air lemon sudah diketahui umum akan kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Cara menggunakan dua bahan ini yaitu dengan mencampurkan masing-masing 1 sdt garam laut dengan air lemon. Oleskan ke kulit berjerawat, diamkan selama 10-20 menit, lalu bilas.

13. Kuning Telur

Jika putih telur dapat dipakai sebagai masker wajah pengecil pori-pori, maka gunakan kuningnya untuk menghilangkan jerawat di dada dengan cepat. Kuning telur merupakan sumber vitamin A yang dapat menutrisi kulit dan merangsang terkikisnya kotoran atau sel kulit mati. Anda tinggal mengocok kuning telur, lalu oleskan ke kulit berjerawat. Diamkan sedikitnya 20 menit sebelum membersihkannya dengan cotton ball, kemudian bilas dengan air.

14. Air Mawar

Tak cuma sekedar mengeliminasi minyak dan kotoran, air mawar juga dapat melembabkan dan menyejukkan kulit. Caranya tinggal mencampurkan ½ cangkir air mawar (tambahkan 2 sdm lagi), dengan 3 sdm air timun, dan ½ sdm tea tree atau neem oil. Masukkan campuran tadi ke dalam botol semprot, dan gunakan 2 kali sehari sebagai toner kulit.

15. Pepaya

Bahan alami terakhir yang kami sarankan untuk menghilangkan jerawat di dada dengan cepat adalah buah pepaya. Pepaya mengandung papain dan enzim simopapain yang bertindak sebagai agen antivirus dan antibakteri. Oleh karenanya, buah satu inipun dapat dipakai untuk mengikis timbunan sel kulit mati dan membersihkan pori-pori yang tersumbat.

Setelah memotong pepaya menjadi balok-balok, kemudian blender hingga lembut. Oleskan pasta buah pepaya ke kulit berjerawat, diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air. Untuk hasil lebih maksimal, tambahkan perasan lemon, madu, atau yogurt. Lakukan secara rutin agar jerawat di dada segera lenyap.

Perlu diingat! Setiap bahan alami memiliki keunggulannya masing-masing, tidak ada jaminan bahwa bahan-bahan di atas dapat efektif menghilangkan jerawat di dada Anda. Hasil dapat berbeda untuk setiap orang. Namun tidak ada salahnya mencoba dengan pendekatan alami yang tidak berbahaya ini.

Apabila Anda juga memiliki jerawat di punggung, maka ikuti tips berikut: 10 Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung, 100% Alami

Ya itulah tadi beberapa cara menghilangkan jerawat di dada yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Ide terkait:

Nah itulah sedikit informasi terbaru dan terlengkap seputar Cara Menghilangkan Jerawat di Dada, 100% Alami yang dapat kami bagikan agar memperluas kasanah pengetahuan anda, semoga bermanfaat. Idecara.com merupakan laman yang membahas tentang ide-ide beserta cara dalam hal teknologi, fashion, kesehatan, makanan dan lain sebagainya. Silakan melihat katalog ide-ide juga cara-cara terbaru lainnya yang telah admin sediakan, atau anda dapat melihat sesuai kategori di bawah ini. Terima Kasih.

Cara Menghilangkan Jerawat di Dada, 100% Alami | admin | 4.5