Cara Menghilangkan Stres Saat Hamil

Cara Menghilangkan Stres Saat Hamil

Masa kehamilan merupakan masa-masa terberat yang harus dilalui oleh para wanita karena mereka tidak hanya di tuntut untuk pandai-pandai menjaga kesehatan dirinya saja tetapi juga harus memikirkan dan menjaga kesehatan janin yang ada didalam kandungan nya. Tak heran apabila terkadang hal ini membuat para ibu hamil menjadi stres, apalagi bagi mereka yang baru pertama kali hamil.

Stres yang dialami oleh para ibu hamil memang sangat umum terjadi tetapi meskipun demikian Anda tidak boleh meremehkan hal ini karena stres berkepanjangan saat hamil tidak hanya akan mempengaruhi kesehatan Anda saja tetapi juga bisa mempengaruhi tumbuh kembang janin yang ada didalam kandungan Anda.

Nah, sebelum kita membahas bagaimana cara menghilangkan stres saat hamil maka ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja sih dampak negatif akibat stres ini pada ibu hamil dan janin.

Bahaya Stres Bagi Ibu Hamil dan Janin

1. Menghambat Perkembangan Janin

Artikel Terbaru Untuk Anda

Stres saat hamil tidak hanya membuat kesehatan Anda terganggu tetapi juga bisa menghambat perkembangan janin di dalam kandungan Anda.

2. Resiko Bayi Lahir Cacat

Kemudian efek negatif stres bagi ibu hamil dan janin selanjutnya adalah bisa meningkatkan resiko bayi cacat dan mengalami kelainan tulang belakang.

3. Ganguan Kesehatan pada Ibu hamil

Seperti yang kita ketahui bahwa stres ini sangat tidak baik bagi kesehatan. Nah, apabila para ibu hamil mengalami stres berkepanjangan maka tentu saja bukan hanya bayi yang ada didalam kandungan nya saja terancam tetapi kesehatan sang ibu juga bisa menurun.

4. Keguguran

Terakhir, dampak negatif akibat stres berkepanjangan saat sedang hamil bisa membuat Anda menjadi keguguran. Tentu saja Anda tidak ingin hal ini terjadi bukan, maka dari itu hindarilah stres dan bebaskan lah pikiran Anda dari berbagai masalah dan ketakutan-ketakutan yang menghantui pikiran Anda.

Cara Menghilangkan Stres Saat Hamil

Seperti yang sudah kita bahas diatas bahwa stres yang berkepanjangan saat sedang hamil sangatlah tidak baik dan berdampak buruk bagi kesehatan ibu hamil dan janin itu sendiri sehingga maka dari itu sebisa mungkin cobalah untuk rileks dan menghindari hal-hal yang membuat Anda bisa menjadi stres. Nah, berikut ada beberapa cara ampuh yang bisa Anda coba untuk menghilangkan rasa stres saat sedang hamil.

1. Berkomunikasi

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi dan menghilangkan stres saat sedang hamil adalah dengan cara berkomunikasi. Jangan hanya diam saja tetapi cobalah untuk tetap berkomunikasi dengan teman atau keluarga. Biasanya dengan saling mengobrol dengan teman atau keluarga akan membawa energi positif bagi diri kita karena biasanya mereka akan menyemangati dan memberi dukungan kepada Anda sehingga hal ini mampu mengurangi kepenatan atau kejenuhan serta pikiran-pikiran negatif didalam diri Anda.

2. Bercanda Dengan Sang Bayi

Meskipun sang bayi belum terlahir kedunia bukan berarti Anda tidak bisa bercanda dan berbicara dengan sang bayi. Anda bisa mengajak sang bayi yang ada didalam kandungan berbicara dan bercanda. Meskipun hal ini tampak sepele tetapi manfaatnya sangat luar biasa bagi Anda, bahkan pengalaman berbicara dengan bayi yang masih didalam kandungan ini bisa membuat hati Anda menjadi gembira dan bisa membuat kita terbebas dari perasaan stres.

3. Tersenyum

Kemudian cara menghilangkan stres saat hamil selanjutnya adalah dengan cara tersenyum. Perbanyaklah tersenyum agar hati Anda merasa bahagia, apabila hati sudah bahagian maka sudah pasti stres pun akan hilang.

4. Manjakan Diri

Tidak ada salahnya jika Anda sesekali memanjakan diri agar beban pikiran dan stres bisa hilang. Anda bisa melakukan pijat atau yoga agar tubuh menjadi rileks dan segar. Olahraga ringan dengan gerakan yoga mampu mengurangi tingkat stres yang ada didalam diri Anda.

5. Jalan-Jalan

Jangan hanya berdiam diri dirumah saja tetapi cobalah untuk pergi jalan-jalan bersama orang yang Anda cintai. Hal ini setidaknya bisa membuat Anda lebih rileks dan bahagia sehingga Anda pun terhindar dari stres saat hamil.

6. Konsumsi Makanan Sehat

Mengkonsumsi makanan sehat tidak hanya baik bagi kesehatan Anda saja tetapi juga mampu membantu mengurangi stres saat sedang hamil. Salah satu makanan sehat yang bisa meningkatkan mood adalah pisang.

7. Bergabung dengan Komunitas Tertentu

Terakhir, cobalah untuk bergabung dengan komunitas tertentu seperti komunitas para ibu hamil agar Anda bisa mendapatkan wawasan dan saling bertukar pikiran dengan sesama para ibu hamil lainnya. Dengan begitu Anda akan lebih bersemangat dan bahagia dalam menjalani proses kehamilan hingga melahirkan nantinya.

Itulah cara menghilangkan stres saat hamil, baik itu Anda sedang hamil muda ataupun hamil tua yang sedang menunggu proses kelahiran. Silahkan bagikan artikel ini apabila bermanfaat agar para ibu hamil lainnya juga bisa mengetahui hal ini

Nah itulah sedikit informasi terbaru dan terlengkap seputar Cara Menghilangkan Stres Saat Hamil yang dapat kami bagikan agar memperluas kasanah pengetahuan anda, semoga bermanfaat. Idecara.com merupakan laman yang membahas tentang ide-ide beserta cara dalam hal teknologi, fashion, kesehatan, makanan dan lain sebagainya. Silakan melihat katalog ide-ide juga cara-cara terbaru lainnya yang telah admin sediakan, atau anda dapat melihat sesuai kategori di bawah ini. Terima Kasih.

Cara Menghilangkan Stres Saat Hamil | admin | 4.5