Nafsu Makan Turun Saat Hamil ? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Nafsu Makan Turun Saat Hamil ? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Hampir semua wanita mengalami masalah dengan nafsu makan ketika sedang hamil. Ada yang mulai merasakan nafsu makan mereka menurun ketika usia kehamilan 5 minggu, ada yang mengatakan penurunan nafsu makan terjadi saat usia kehamilan 7 minggu dan ada pula yang baru merasakan masalah ini ketika usia kandungan mereka memasuki bulan ketiga.

Hal ini merupakan sesuatu yang wajar, pada trimester pertama kehamilan memang akan terjadi penurunan nafsu makan pada ibu hamil. Jangankan mau makan nasi, bahkan terkadang mencium bau makanan saja perut sudah terasa mual. Kita seolah menjadi serba salah, apabila dituruti tidak makan maka akan kasihan dengan dedek bayi yang ada didalam perut karena tidak mendapatkan asupan makanan. Tetapi apabila dipaksakan makan, perut menjadi mual dan akhirnya muntah.

Nah, berikut dibawah ini ada beberapa tips bagaimana cara mengatasi hal tersebut sehingga nafsu makan Anda tetap terjaga dan tidak malas untuk makan. Namun sebelum kita membahas itu maka tidak ada salahnya apabila Anda membaca terlebih dahulu apa saja penyebab nafsu makan turun saat hamil.

Penyebab Nafsu Makan Turun Saat Hamil

1. Mual

Artikel Terbaru Untuk Anda

Penyebab utama yang membuat Anda malas untuk makan adalah karena merasa mual. Kebanyakan ibu hamil mengeluhkan masalah yang satu ini, akibatnya mereka menjadi malas untuk makan karena apabila makan maka nanti pasti akan muntah.

2. Tegang dan Stres

Ibu hamil sangat rentan mengalami stres, apalagi bagi mereka yang baru pertama kali hamil maka sudah pasti perasaan was-was serta takut selalu menghinggapi. Ketegangan dan stres akan membuat nafsu makan ibu hamil menurun.

3. Perubahan Hormon

Tidak bisa dipungkiri ketika wanita mulai menyadari bahwa dirinya sedang hamil maka disitulah akan terjadi perubahan hormon. Kehadiran janin didalam rahim wanita akan meningkatkan hormon progesteron yaitu dimana hormon ini akan menyebabkan adanya peningkatan penebalan pada dinding rahim. Selain itu, efek dari peningkatan hormon progesteron ini juga berdampak pada perlambatan bawah dari sistem pencernaan, yang dapat menyebabkan penurunan nafsu makan.

4. Sembelit

Sembelit juga bisa menjadi penyebab turunnya nafsu makan pada ibu hamil. Apabila ibu hamil susah buang air besar maka tentunya perut mereka akan selalu merasa kenyang, hal ini berakibat pada penurunan nafsu makan.

Cara Mengatasi Nafsu Makan Yang Turun Saat Hamil

Meskipun penurunan nafsu makan saat hamil, terutama saat hamil 3 bulan pertama adalah sesuatu yang wajar tetapi kita tetap harus berhati-hati dan jangan membiarkan ini berlarut-larut karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan janin Anda. Untuk itu, berikut dibawah ini cara menyiasati bagaimana agar Anda tidak kehilangan nafsu makan saat hamil.

1. Makan Dengan Porsi Kecil

Jangan memaksakan diri untuk makan makanan dalam jumlah besar ketika sedang hamil muda. Ingat, pada kehamilan di trimester pertama ini Anda akan dihantui oleh rasa mual. Mengkonsumsi makanan dalam jumlah besar seperti nasi atau jenis karbohidrat lainnya saat sedang hamil muda sangat tidak disarankan.

Konsumsilah makanan dalam porsi kecil tetapi sering. Ini akan sangat membantu Anda agar tidak kehilangan nafsu makan pada saat hamil.

2. Hindari Makanan Berlemak dan Berbau Tajam

Makanan berlemak dan berbau tajam hanya akan menambah rasa mual Anda, sehingga Anda pun akan menjadi semakin malas untuk makan. Untuk itu, hindari makanan tersebut terutama pada pagi hari.

3. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Sayur dan buahan mengandung banyak serat, ini sangat penting agar ibu hamil terhindar dari sembelit. Selain buahan Anda juga bisa mengkonsumsi roti gandum atau roti panggang.

4. Perbanyak Minum Air Putih

Anda juga harus memastikan bahwa asupan air putih selama masa kehamilan harus cukup. Jangan sampai malas untuk minum, apabila kurang air putih maka tubuh akan menjadi dehidrasi. Apabila kondisi tubuh kita sudah tidak fit maka nafsu makan pasti akan turun. Untuk itu, jangan lupa konsumsi air putih cukup setiap hari agar tubuh tetap sehat selama kehamilan sehingga nafsu makan tetap terjaga.

5. Hindari Stres

Kemudian untuk yang terakhir yaitu cobalah hindari stress. Stres selama kehamilan sangat tidak baik untuk kesehatan janin Anda. Bukan hanya itu saja, stress juga bisa menurunkan nafsu makan Anda loh !

Itulah penyebab nafsu makan turun saat hamil dan cara mengatasinya. Tetaplah berpikir postif selama kehamilan dan selalu berdoa agar diberi kemudahan didalam menjalani proses melahirkan nanti. Semoga Informasi ini membantu !

Nah itulah sedikit informasi terbaru dan terlengkap seputar Nafsu Makan Turun Saat Hamil ? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya yang dapat kami bagikan agar memperluas kasanah pengetahuan anda, semoga bermanfaat. Idecara.com merupakan laman yang membahas tentang ide-ide beserta cara dalam hal teknologi, fashion, kesehatan, makanan dan lain sebagainya. Silakan melihat katalog ide-ide juga cara-cara terbaru lainnya yang telah admin sediakan, atau anda dapat melihat sesuai kategori di bawah ini. Terima Kasih.

Nafsu Makan Turun Saat Hamil ? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya | admin | 4.5