Tips Mengatasi Rasa Gatal pada Cacar Air

Cacar air merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus Varicella Zoster. Gejala khas penyakit ini yaitu menimbulkan ruam merah dan menimbul yang berisi cairan bening pada kulit. Ruam merah akan semakin banyak hingga hari ke lima dan kemudian akan sembuh seiring dengan perbaikan daya tahan tubuh. Masalahnya, ruam merah ini menyebabkan rasa gatal yang sangat mengganggu. Oleh sebab itu, tindakan untuk mengatasi rasa gatal pada cacar air harus segera dilakukan.

Meskipun tingkat keparahan ruam merah bervariasi pada setiap orang, namun hal ini tetap perlu diminimalisir untuk mencegah infeksi bakteri. Salah satu caranya yaitu dengan menghindari menggaruk bagian yang gatal, karena dapat meningkatkan peluang kulit untuk terinfeksi bakteri hingga meninggalkan bekas luka saat tahap penyembuhan. Berikut ini tips mengatasi rasa gatal pada cacar air.

Tips Mengatasi Rasa Gatal pada Cacar Air

Bagaimana Tips Mengatasi Rasa Gatal Pada Cacar Air?

Metode pengobatan di rumah dapat membantu mengatasi rasa gatal pada cacar air. Cobalah tips berikut untuk membuat Anda atau anak Anda lebih nyaman dan tidak terus-menerus menggaruknya. Ingat, menggaruk memang terasa nikmat, namun itu hanya sesaat karena ada bahaya infeksi sekunder oleh bakteri.

Artikel Terbaru Untuk Anda

Atasilah rasa gatal selama menderita cacar air dengan cara sederhana berikut ini:

1. Mandi

Mandi dengan air hangat maupun dingin dapat membantu mengatasi rasa gatal pada cacar air. Mandi selama 20 sampai 30 menit sesuai dengan kebutuhan akan menjaga kulit tetap bersih dan menenangkan kulit yang gatal. Jika anak Anda yang masih kecil terserang cacar, bantulah mereka untuk mandi.

Jangan gunakan sabun, atau gunakanlah sabun mandi ringan. Sabun mandi ringan maksudnya sabun yang dibuat untuk kulit sensitif atau sabun untuk bayi. Anda juga bisa menambahkan segenggam oatmeal ke dalam air mandi atau mencoba produk oatmeal bath, seperti Aveeno. Segera keringkan kulit setelah mandi. Usahakan jangan sampai menggosok kulit dengan kasar karena dapat menyebabkan ruam merah pecah.

2. Kompres

Anda bisa mengompres ruam merah dengan air dingin. Gunakan kain yang lembut dan menyerap, seperti kain handuk halus. Basahi kain dengan air dingin dan sentuhkan kompres dingin langsung ke kulit.

Anda juga bisa membuat bubur oatmeal dan oleskan ke area yang gatal. Caranya yaitu:

  • Siapkan oatmeal yang telah digiling menjadi bubuk, dan campurkan dengan sedikit air hangat hingga menyerupai bubur.
  • Oleskan oatmeal yang telah menjadi bubur  pada tisu.
  • Letakkan tisu yang telah diolesi bubur oatmeal ke area gatal pada kulit.
  • Diamkan selama 10 sampai 15 menit.
  • Kemudian dengan lembut cuci dan keringkan kulit yang basah.

3. Lotion

Oleskan lotion yang bisa membantu mengatasi rasa gatal pada cacar air. Hindari menggunakan lotion yang mengandung antihistamin. Anda bisa mencoba lotion yang mengandung: fenol, mentol, dan kamper, seperti lotion kalamin, serta lotion yang mengandung oatmeal, seperti Aveeno Lotion.

4. Mencegah Iritasi Kulit

Mencegah iritasi kulit dapat dilakukan dengan beberapa praktik kebersihan umum berikut:

  • Pakailah pakaian katun yang longgar.
  • Ganti baju dan seprei setiap hari dengan bahan yang lembut.
  • Gunakan deterjen ringan jika pakaian atau linen menimbulkan iritasi kulit.

5. Antihistamin

Lotion atau krim yang mengandung antihistamin tidak boleh digunakan untuk cacar air. Tapi mengonsumsi obat yang mengandung antihistamin akan membantu mengatasi rasa gatal pada cacar air. Antihistamin yang diminum dapat mencegah Anda atau anak Anda dari menggaruk ruam merah yang menyebabkan lecet, terutama saat tidur.

Beberapa antihistamin bisa dibeli di apotik maupun toko obat, seperti CTM. Jika Anda menggunakannya tanpa resep dokter, maka ikuti petunjuk di label dengan seksama. Khusus untuk anak-anak, tanyakan kepada dokter sebelum memberikannya kepada anak Anda.

6. Cegah untuk Menggaruk Kulit

Cobalah metode berikut untuk mencegah infeksi kulit yang bisa terjadi akibat garukan:

  • Bersihkan dan potong kuku jari anak.
  • Pakaikan sarung tangan untuk mencegah goresan, atau gunakan perban ringan pada luka lecet.
  • Sering mencuci tangan.
  • Segera obati anak saat Anda menemukannya tergores akibat garukan.
  • Gunakan dengan hati-hati.

7. Lakukan Tindakan Pencegahan

Lakukan tindakan pencegahan berikut untuk mengendalikan gatal dan untuk mencegah masalah lainnya:

  • Hindari terkena sinar matahari langsung yang mengakibatkan badan panas dan berkeringat, karena hal ini memicu gatal. Seorang anak boleh bermain di luar  ruangan asalkan berada di tempat teduh.
  • Hindari penggunaan lotion antihistamin.
  • Anda mungkin secara tidak sengaja menggunakan terlalu banyak obat-obatan, yang bisa berbahaya. Obat-obatan yang harus dihindari meliputi: Diphenhydramine. Lidocaine, Pramoksin.

Demikianlah tips mengatasi rasa gatal pada cacar air. Untuk pengobatan lengkapnya, simak disini: Cara Mengobati Cacar Air Agar Sembuh Tuntas Tanpa Bekas. Semoga menambah wawasan pembaca dan dapat mencoba tips di atas saat terserang cacar air.

Nah itulah sedikit informasi terbaru dan terlengkap seputar Tips Mengatasi Rasa Gatal pada Cacar Air yang dapat kami bagikan agar memperluas kasanah pengetahuan anda, semoga bermanfaat. Idecara.com merupakan laman yang membahas tentang ide-ide beserta cara dalam hal teknologi, fashion, kesehatan, makanan dan lain sebagainya. Silakan melihat katalog ide-ide juga cara-cara terbaru lainnya yang telah admin sediakan, atau anda dapat melihat sesuai kategori di bawah ini. Terima Kasih.

Tips Mengatasi Rasa Gatal pada Cacar Air | admin | 4.5